Tim Undip Beri Pendampingan Usaha bagi Industri Kerupuk Tuntang

- Minggu, 19 September 2021 | 21:40 WIB
Dosen Undip, Kustopo Budiraharjo, terjun mendampingi dan memberikan bantuan warga baru-baru ini, di lokasi usaha kerupuk kedelai. (Suaramerdeka.com dok)
Dosen Undip, Kustopo Budiraharjo, terjun mendampingi dan memberikan bantuan warga baru-baru ini, di lokasi usaha kerupuk kedelai. (Suaramerdeka.com dok)

TUNTANG, suaramerdeka.com - Sejumlah usaha kecil menengah (UKM) mendapatkan penghasilan dari mengolah dan memproduksi kerupuk kedelai di Dusun Gading, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

“Kerupuk merupakan salah satu jenis makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Beberapa warga di Dusun Gading Tuntang memiliki usaha memproduksi kerupuk kedelai menangkap peluang bisnis itu,” kata Dosen Undip, Kustopo Budiraharjo, baru-baru ini, di lokasi usaha kerupuk kedelai warga.

Dikatakan adanya industri rumahan kerupuk kedelai ini menimbulkan dampak positif bagi pemerintah.

Baca Juga: Teknologi Tepat Diterapkan Kampus Guna Tunjang Pertanian Organik

Di mana dengan adanya industri rumahan ini membantu menekankan proporsi kepedulian di Kabupaten Semarang.

Tim Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat (PKUM) Undip kerjasama dengan UKM desa setempat untuk dapat meningkatkan omset daerah tersebut melalui pendampingan dan pelatihan.

Tim PKUM Undip juga memberikan bantuan berupa hibah alat rak besi pengukus dan loyang kepada mitra dan memberi pendampingan legalitas berupa surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan nomor induk berusaha (NIB).

''Sejauh ini pembuatan olahan kerupuk, mitra masih menggunakan cara tradisional dan minim tentang pengetahuan teknologi tepat guna. Ke depan target tim PKUM Undip juga berupaya memberikan inovasi berupa diferensiasi produk kerupuk dan penerapan peralatan yang sesuai standar food grade,'' katanya.

Selain itu, tim juga berencana menerapkan teknologi mesin pemanas untuk solusi saat menghadapi musim penghujan.

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
X