Meningkatnya Penjualan Ritel AS Buat Dolar AS Naik ke Level Tertinggi dalam 3 Minggu

- Jumat, 17 September 2021 | 09:48 WIB
Dollar. (Pixabay)
Dollar. (Pixabay)

NEW YORK, suaramerdeka.com - Meningkatnya penjualan ritel AS secara tak terduga membuat dolar naik mencapai level tertinggi dalam hampir tiga minggu terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB).

Kenaikan juga terjadi pada indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang utama saingannya, setelah laporan data penjualan ritel dan terakhir naik 0,5 persen pada 92,866.

Indeks mencapai level tertinggi sejak 27 Agustus, sementara kenaikan data ritel meredakan beberapa kekhawatiran tentang perlambatan tajam dalam pertumbuhan ekonomi.

Penjualan ritel naik 0,7 persen bulan lalu, sebagian didorong belanja kembali ke sekolah dan pembayaran subsidi kredit pajak untuk anak, sementara data untuk Juli direvisi turun.

Baca Juga: Aturan Pembatasan Pintu Masuk Internasional Diterbitkan Kemenhub, Ini 8 Ketentuannya

Sebuah laporan terpisah menunjukkan klaim awal untuk tunjangan pengangguran AS meningkat 20.000 menjadi 332.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 11 September. Para ekonom telah memperkirakan 330.000 klaim untuk minggu terakhir.

"Jika melihat angka penjualan ritel, itu cukup konstruktif, bahkan dengan revisi, jadi kami melihat dolar mendapat manfaat dari itu, terutama terhadap mata uang pendanaan seperti euro, franc Swiss, dan yen," kata Bipan Rai, kepala analis valas Amerika Utara untuk CIBC Capital Markets di Toronto.

Indeks dolar jatuh ke level terendah satu minggu di 92,321 setelah laporan inflasi yang lebih rendah dari perkiraan, Selasa kemarin.

Indeks terendah untuk bulan ini adalah 91,941, pada tanggal 3 September ketika data penggajian mengecewakan.

Baca Juga: Harga Minyak Relatif Stabil Seiring Meredanya Ancaman pada Produksi Teluk

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pinjol Ilegal Mainkan Psikologi Nasabah

Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:31 WIB

Berani Investasi di Pasar Modal/Keuangan?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:13 WIB
X