Transaksi Fisik Pasar Timah Melonjak

- Kamis, 16 September 2021 | 22:29 WIB
 Pasar timah makin bergairah.(Foto: ist)
Pasar timah makin bergairah.(Foto: ist)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pasar Fisik Timah Dalam Negeri yang mulai diperdagangkan di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) sejak Maret 2021 menunjukan lonjakan. Hingga Agustus 2021 nilai transaksinya lebih dari Rp 538 miliar.

Khusus di bulan Agustus 2021, tercatat nilai transaksi tertinggi sepanjang enam bulan, yaitu sebesar Rp 107,2 miliar dalam 220 lot.

Direktur Utama Bursa Berjangka Jakarta, Stephanus Paulus Lumintang mengungkapkan sepanjang pasar fisik timah dalam negeri diperdagangkan di Bursa Berjangka Jakarta, terjadi pertumbuhan baik dari jumlah lot maupun nilai transaksi.

Baca Juga: Vaksinasi Makin Masif, BIN Sasar 72.000 Pelajar dan Masyarakat 10 Provinsi

Di bulan Maret, tercatat transaksi dalam 160 lot dengan nilai transaksi sebesar Rp 57,3 miliar. Bulan April tercatat transaksi sebanyak 235 lot dengan nilai transaksi sebesar Rp 90,2 miliar.

Di bulan Mei, tercatat transaksi sebanyak 220 lot dengan nilai transaksi sebesar Rp 88,5 miliar. Bulan Juni, terjadi transaksi sebanyak 210 lot dengan nilai transaksi sebesar 95,9 miliar, dan di bulan Juli tercatat transaksi sebanyak 215 lot dengan nilai transaksi sebesar Rp 98,9 miliar.

''Adanya pertumbuhan transaksi pasar dalam negeri menunjukan industri dalam negeri yang membutuhkan bahan baku timah mengalami kenaikan permintaan, yang juga menunjukkan mulai menggeliatnya ruang gerak perekonomian nasional,'' ungkap Stephanus.

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), Fajar Wibhiyadi mengatakan pihaknya sebagai Lembaga Kliring Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi, telah memastikan semua transaksi yang ada di pasar fisik timah dalam negeri sesuai regulasi yang berlaku.

Adanya tata niaga perdagangan timah dalam negeri melalu bursa menurutnya memberi dampak positif bagi para pelaku industri maupun negara.

Baca Juga: Kelompok Radikal Makin Unjuk Kekuatan, Tantangan MUI Semakin Berat

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Tekan Biaya Operasional Logistik dengan Dexlite

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:24 WIB
X