KUR Andalan Pemulihan Ekonomi UMKM, Penyaluran Capai Rp 179,54 Triliun

- Kamis, 16 September 2021 | 19:25 WIB
MENYERAHKAN: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan KUR kepada 17 debitur di Gedung HA Djunaid Convention Center, Kamis 16 September 2021. (suaramerdeka.com/Isnawati)
MENYERAHKAN: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan KUR kepada 17 debitur di Gedung HA Djunaid Convention Center, Kamis 16 September 2021. (suaramerdeka.com/Isnawati)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi andalan pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya tahan usaha mikro kecil menengah (UMKM) selama masa pandemi Covid-19.

Hingga 13 Sepember tahun ini, pemerintah telah menyalurkan KUR kepada 4,77 juta debitur dengan nilai mencapai Rp 179,54 triliun.

KUR memang menjadi upaya pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi dan UMKM. KUR ini menjadi andalan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto usai menyerahkan KUR kepada 17 debitur di sela-sela acara Optimalisasi Penyaluran KUR dalam Meningkatkan Kesejahteraan dan Pemulihan Ekonomi di Gedung HA Djunaid Convention Center, Kamis 16 September 2021.

Baca Juga: Wamendes: Percepatan Vaksinasi di Desa Kunci Terjaganya Stabilitas Pangan Nasional

Karena itu, ia mendorong lembaga penyalur KUR dan penjamin KUR untuk meningkatkan penyaluran KUR dalam rangka untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Apalagi, pemerintah telah meningkatkan anggaran KUR, dari semula Rp 253 triliun menjadi Rp 285 triliun.

“Bunga hanya 3 persen dari yang biasanya 6 persen. Non performing loan (NPL) dijamin Askrindo (Asuransi Kredit Indonesia) dan Jamkrindo (Jaminan Kredit Indonesia).

Tinggal penyalurannya saja kita dorong untuk pemberdayaan masyarakat dan UMKM,” paparnya.

Sementara itu, Deputi Bidamg Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir memaparkan, secara keseluruhan, hingga 13 September 2021, penyaluran KUR sudah mencapai 63 persen dari target tahun 2021 sebesar Rp 285 triliun.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sandi Uno: Pertahankan Lapangan Kerja

Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:12 WIB

Hastag Local Pride naikan Brand Lokal Indonesia

Senin, 4 Oktober 2021 | 20:08 WIB
X