Percepatan Transformasi Ekonomi Digital, Menkominfo: Perlu Didorong Kebijakan dan Ruang yang Kondusif

- Kamis, 16 September 2021 | 09:36 WIB
Ilustrasi pemulihan ekonomi (Geralt / Pixabay)
Ilustrasi pemulihan ekonomi (Geralt / Pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka.com = Percepatan transformasi ekonomi digital Indonesia tidak terlepas dari signifikansi nilai kegiatan ekonomi digital itu sendiri.

Untuk memaksimalkan potensinya, ekonomi digital Indonesia perlu didukung sejumlah kebijakan dan ruang yang kondusif.

Hal itu dungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam sesi keynote speech yang disampaikannya pada Digiweek 2021 yang diselenggarakan oleh Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), belum lama ini.

“Percepatan transformasi salah satunya didukung konsep Network Governance di mana kolaborasi serta proses tukar pikiran antara pemerintah dengan pemangku kepentingan di berbagai sektor dilakukan secara simultan untuk menjawab tantangan transformasi digital sekaligus merencanakan strategi perekonomian digital yang lebih strategis,” jelasnya.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Digital, Perlindungan Data Pribadi Semakin Mendesak

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah mempersiapkan beberapa strategi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

Yang pertama adalah pembangunan stasiun pemancar sinyal atau based transreceiver station 4G di desa dan kelurahan. Kedua, penyediaan akses internet pada fasilitas publik melalui peluncuran satelit Satria 1 pada 2023.

Selanjutnya adalah pembangunan pusat data nasional untuk memenuhi ketersediaan database nasional.

Lalu peluncuran operasi komersial 5G di kota-kota besar dan peningkatan sumber daya manusia yang terampil memanfaatkan ekonomi digital, lewat program literasi digital, digital talent scholarship dan program digital leadership academy.

Baca Juga: Liburan ke Pati, 4 Destinasi Wisata Ini Bisa Menjadi Jujukanmu

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kelompok UKM di Sleman Didorong Bentuk Koperasi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:01 WIB
X