Stimulus Pemerintah Dinilai Berhasil Tekan Angka Pengangguran

- Kamis, 9 September 2021 | 16:45 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi. (suaramerdeka.com/dok)
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi. (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kondisi pasar kerja di Indonesia setelah pandemi Covid-19 ini berdampak pada sisi demand dalam pasar tenaga kerja.

Total pekerja terdampak dari sisi demand sebesar 18,45 juta orang atau 96,6% dari seluruh total penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi, hal itu menunjukkan PHK pada masa pandemi tidak terlalu berkontribusi besar terhadap tingkat pengangguran secara umum.

"Sebab langkah pemerintah dalam bentuk berbagai program bantuan atau stimulus cukup berhasil menekan angka pengangguran karena Covid-19," kata Sekjen Anwar Sanusi, di Jakarta, Kamis.

Baca Juga: Sejumlah Kebakaran jadi Perhatian, Perlu Peremajaan Kabel Listrik

Ia menambahkan, ledakan PHK kurang tepat digunakan mengingat relatif kecilnya tingkat pengangguran akibat Covid-19, meskipun sektor informal menjadi jaring pengaman penyerapan tenaga kerja.

"Persentase tenaga kerja di sektor informal selama masa pandemi cenderung meningkat dari 56,64% pada Februari 2020 menjadi 59,62% pada Februari 2021," katanya.

Anwar mengatakan, dari sisi regulasi Kemnaker telah menerbitkan 2 Permenaker, 2 Kepmenaker, dan 4 Surat Edaran untuk mengantisipasi PHK sebagai dampak pandemi.

Sesuai regulasi diatas, dari sisi pengupahan, Pemerintah telah memberikan panduan dalam pelaksanaan pengupahan bagi perusahaan yang terdampak pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan usaha, agar tetap dapat memenuhi hak-hak pekerja/buruh.

Baca Juga: Resmi Daftar Liga 3, Persikama Seleksi Pemain

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X