Konsumsi Listrik PLN Januari-Juli Naik Jadi 146 TWh, Sinyal Ekonomi RI Mulai Bangkit

- Kamis, 9 September 2021 | 10:00 WIB
Pemeliharaan jaringan listrik. (suaramerdeka.com / dok)
Pemeliharaan jaringan listrik. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramedeka.com – PT PLN (Persero) mencatat konsumsi listrik mencapai 146 (Terra Watt hour) TWh sejak Januari hingga Juli 2021, atau tumbuh 4,44 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Indikasi pemulihan ekonomi pascapuncak pandemi pun terlihat di beberapa sektor.

Misalnya, konsumsi listrik di sektor industri pertumbuhannya mencapai 9,93 persen.

Hal ini mengindikasikan bahwa sektor industri di Indonesia sudah mulai bangkit kembali. Di sisi lain, sektor rumah tangga tumbuh sebesar 3,34 persen.

Baca Juga: Ingin Kuliah ke Luar Negeri? Persiapan 5 Youtuber Ini Bisa Jadi Referensimu

“Ini tentu menandakan Indonesia sudah mulai bangkit dari pandemi Covid-19, dan ekonomi sudah mulai berjalan,” tutur Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril.

Berdasarkan data PLN, pertumbuhan konsumsi listrik sektor industri yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah besi dan baja sebesar 21 persen.

Kemudian diikuti otomotif sebesar 19,5 persen, tekstil sebesar 6,9 persen, plastik sebesar 5 persen dan makanan & minuman sebesar 3,7 persen.

“Untuk sektor bisnis hingga Juli, memang belum terlalu tumbuh signifikan. Meski begitu, sektor bisnis seperti mall, pusat perbelanjaan hingga sektor pariwisata mulai menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik,” tambah Bob.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Kebumen Tanggapi Keluhan Sistem Rujukan Berjenjang, Ini Penjelasannya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X