Pertumbuhan Ekonomi Digital, Perlindungan Konsumen dan Data Pribadi Jadi 2 Aspek Penting

- Selasa, 7 September 2021 | 09:00 WIB
Iliustrasi saham dalam ekonomi digital. (Pixabay)
Iliustrasi saham dalam ekonomi digital. (Pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Perlindungan data dan konsumen merupakan dua aspek penting yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

Tanpa adanya upaya untuk menjamin perlindungan konsumen dan data probadi, potensi ekonomi digital Indonesia terancam berjalan di tempat.

“Pertumbuhan ekonomi digital dapat dimaksimalkan lewat adanya upaya yang konkret untuk menjaga kepercayaan konsumen melalui dua aspek perlindungan tadi,” terang Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Noor Halimah Anjani.

Halimah mengemukakan, keterlibatan multi stakeholders yaitu, pemerintah, pelaku usaha dan civil society diperlukan untuk memastikan regulasi dan kebijakan perlindungan konsumen dapat menjaring masukkan dan perspektif dari segala lini.

Baca Juga: Mengenal Istihadloh pada Wanita: Ini Penjelasan Secara Islam dan 5 Kategorinya

Ia menambahkan, perlu adanya koordinasi dan konsolidasi antar lembaga pemerintah dan nonpemerintah dalam menangani perlindungan konsumen.

Beberapa institusi yang diperlukan keterlibatannya antara lain adalah Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM), Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), asosiasi usaha serta pelaku usaha.

Secara ideal, sinergi diperlukan dalam merumuskan interpretasi dan implementasi kebijakan, serta menentukan parameter untuk mengukur kepatuhan pelaku usaha dan literasi konsumen terhadap hak-haknya.

Yang terjadi saat ini justru konsumen sangat tergantung pada responsible business conduct yang dilakukan oleh pelaku usaha secara mandiri.

Baca Juga: Situasi Covid-19 Jawa-Bali Terus Membaik, Ini Langkah Penyesuaian dari Pemerintah

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Naik di Tengah Kekhawatiran Inflasi AS

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:48 WIB

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
X