Teknologi Keuangan Aman Gunakan Blockchain

- Senin, 16 September 2019 | 11:48 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com -  Teknologi blockchain memiliki keunggulan yang tidak hanya memberikan nilai tambah dari sisi teknis seperti keamanan, transparansi dan desentralisasi tetapi juga dari sisi proses dan interaksi bisnis. Industri finansial dan perbankan Tanah Air dapat memanfaatkan kelebihan teknologi ini untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan solusi perbankan dan finansial kepada masyarakat secara lebih baik.

Karena itulah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar talkshow sekaligus kompetisi Roadshow BCA Finhacks 2019. Menurut SVP Digital Innovation, Adi Prasetyo Susilo kegiatan tersebut mengambil tema blockchain karena berbagai keunggulannya.

"Yogyakarta menjadi kota keempat sekaligus kota terakhir pelaksanaan Roadshow BCA Finhacks 2019 yang diisi dengan dialog para pakar untuk meningkatkan pemahaman, wawasan dan kemampuan peserta mengenai teknologi keuangan terkini," tutur Adi di sela-sela acara.

Sebanyak 200 peserta antusias mengikuti kegiatan. Roadshow Finhacks merupakan bagian dari rangkaian penyelenggaraan BCA Finhacks 2019 bertajuk #blockchaininnovation. Tujuannya mendorong dan mengembangkan penggunaan teknologi blockchain dalam teknologi finansial di Indonesia. Para developer TI, blockchain enthusiasts, startup, pelajar dan professional di Indonesia dan Asia Tenggara diundang untuk berpartisipasi dalam kompetisi blockchain terbesar di Indonesia.

Adi mengatakan pihaknya konsisten menggelar kompetisi finhacks karena menyadari bahwa industri finansial harus berjalan beriringan dengan cepatnya perkembangan teknologi. Kompetisi terbuka bagi siapa saja, individu maupun tim dengan mendaftar di https://finhacks.id/registration. Peserta harus mengunggah gagasan blockchain yang ingin dikembangkan.

Ada tiga penerapan blockchain yang dilombakan yakni interbank settlements and payments, identity management dan financial inclusion. Tahap berikutnya, Dewan Juri akan menyeleksi masing-masing 10 peserta terbaik dari tiga kategori yang dilombakan sehingga total akan ada 30 peserta yang akan maju ke tahap prototype development.

Pada tahap ini, 30 peserta yang lolos wajib membuat prototype aplikasi blockchain sesuai dengan ide yang dikumpulkan. Peserta akan mendapat bimbingan dari mentor blockchain melalui sesi one-on-one mentoring via webinar atau video conference. Lima peserta terbaik dari tiga kategori akan maju ke babak final demo day.

"Di babak ini setiap finalis mempresentasikan ide inovasinya dan mendemokan prototype yang sudah dibuat. Selain itu masing-masing finalis diberikan showcase booth untuk memamerkan hasil karyanya serta dinilai oleh dewan juri dan pengunjung yang hadir,'' imbuh Adi.

Editor: Andika

Tags

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X