Peran Perempuan di Sektor UMKM Sangat Besar Dalam Mendukung Perekonomian Indonesia

- Kamis, 2 September 2021 | 19:08 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (dok humas Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (dok humas Kemenko Perekonomian)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan peran perempuan di sektor UMKM sangat besar dalam mendukung perekonomian nasional.

Hal itu disampaikan saat acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) periode 2021-2026, Rabu, 1 September 2021.

Menurutnya berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, jumlah pengusaha di Indonesia terus meningkat.

Baca Juga: MPL ID Season 8: Bigetron Alpha Sudah Siapkan Taunting?

Bukan hanya jumlah pengusaha secara keseluruhan saja, tetapi jumlah wirausaha wanita di Indonesia juga terus meningkat.

Berdasarkan hasil riset Global Entrepreneurship Monitor, jumlah womenpreneur di Indonesia mencapai 14% dari total penduduk.

“Saya mengapresiasi kepada IWAPI yang terus mendorong agar pengusaha wanita untuk selalu maju kedepan dan terus terdepan di berbagai sektor."

Baca Juga: Sekolah Terapkan Prokes Ketat Saat PTM Terbatas, Adaptasi New Normal

"Hal juga dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat termasuk wanita yang ingin membangun bisnis,” kata Menko Airlangga.

Sejalan dengan itu, survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia juga memperlihatkan bahwa lebih dari 60% UMKM di Indonesia dijalankan oleh perempuan atau sekitar 37 juta perempuan.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
X