Pelaku Usaha Perlu Upgrade Diri dalam Pemasaran Melalui Online

Red
- Minggu, 1 September 2019 | 14:55 WIB
foto: suaramerdeka.com/dok
foto: suaramerdeka.com/dok

KENDAL, suaramerdeka.com - Talkshow Kadin Kendal kali ini menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kendal, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kendal, dan Perusahaan jasa internet Biznet Kendal.

Acara yang dipandu langsung oleh Ketua Kadin dan PHRI Kendal, Cahyanto tersebut, mengusung tema: Mendobrak Pasar Export dari UMKM Kendal Menuju Dunia, dan berlangsung Sabtu (31/8) di stan Kadin Kendal Expo 2019.

Tema yang diusung kali ini, menjawab kegelisahan para pelaku usaha di Kabupaten Kendal, dengan adanya era milenial yang tidak bisa dihindari. Semua usaha harus bisa memanfaatkan network bila ingin maju dan berkembang.

-
foto: suaramerdeka.com/dok

Citra gaptek (gagap teknologi) yang selama ini dirasakan oleh pengusaha kecil, karena ada keraguan dalam memanfaatkan teknologi untuk membesarkan usahanya.

“Kami contohkan tantangan berat dalam usaha makanan dan minuman adalah bagaimana menjualnya, ini karena dilakukan secara offline dengan jangkauan sedikit. Namun saat dicoba dengan cara digital, kini menjadi sangat luas, bahkan sampai luar negeri. Bagaimana upaya dari dinas terkait untuk menjawab semua itu ”, tanya Cahyanto, kepada para narasumber.

Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kendal, Kun Cahyadi mengatakan, bahwa sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, akan memberikan pelatihan peningkatan SDM, manajemen, dan pembiayaan kepada UMKM sesuai dengan anggaran yang ada.

“Diharapkan UMKM juga secara sinergi membangun networking dengan teman-teman pelaku usaha yang tergabung di PHRI dan Kadin Kendal. Kerja sama bisa dalam bentuk pengenalan, pemasaran produknya dan bersama-sama mencari peluang usaha lain baik secara online mau pun offline," jawab Kun Cahyadi.

Hal senada ditambahkan oleh Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kendal, Sri Handoyo, para pelaku usaha hendaknya, selalu mengupgrade diri dalam hal pemasaran dengan cara on line baik untuk promosi mau pun penjualan, tidak terkecuali yang bergerak dalam sektor pertanian dan perkebunan.

“Karena di era digital sperti ini, semua sudah serba memakai aplikasi dan otomatis, jika kita tidda memperbaharui diri menyesuaikan dengan perkembangan iptek, maka kita akan dilibas oleh zaman," tambah Sri Handoyo.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X