Petani Bawang Merah Bantul Minta Pemkab Mau Beli Hasil Pertaniannya

- Senin, 19 Agustus 2019 | 14:12 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANTUL, suaramerdeka.com - Petani bawang merah di kawasan pantai selatan Bantul, minta pemerintah dalam hal ini Pemkab Bantul bersedia membeli hasil panenannya. Pasalnya, harga di pasaran sama sekali tidak menutup modal yang selama ini dikeluarkan. Harga bawang merah yang semula Rp 10 ribu per kilogramnya, kini hanya dihargai pengepul hanya Rp 5 ribu per kilogramnya.

Rujito salah satu petani bawang merah di lahan pasir Pantai Samas mengatakan, meski hasil panennya kali ini bagus dan bahkan bisa dikatakan super, hanya pengepul dihargai Rp 5 ribu perkilogram. "Ya lemaslah dengan harga Rp 5 ribu. Karena harga itu jelas tidak menutup biaya operasional selama 75 hari. Biaya pengolahan lahan, pembelian bibit dan obat-obatan saja tidak cukup. Belum tenaga," imbuhnya.

Dikatakan, semua petani bawang merah di lahan pasir yang panen bawang merah lebih awal dipastikan rugi banyak. Tapi kalau pedagang atau tengkulak mau membeli Rp 7 ribu per kilogram, kemungkinan baru impas dengan biaya yang dikeluarkan para petani.

"Harga Rp 7 ribu per kilogram itu saja belum termasuk biaya tenaga yang dikeluarkan untuk memelihara bawang merah dari mulai penanaman bibit hingga panen ditambah dengan biaya untuk petik bawang merah saat panen. Apalagi dengan harga Rp 5 ribu perkilogramnya, jelas kami akan bangkrut," katanya.

Angggota DPRD Kabupaten Bantul dari PKB, Agus Salim mengatakan, Pemkab Bantul beberapa tahun silam punya program membeli hasil pertanian masyarakat ketika harga jatuh. Diharapkan, program itu bisa dihidupkan kembali oleh pemerintah Bantul saat ini. "Saya kira tidak perlu alergi untuk meniru kebijakan yang pro rakyat, pro petani karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak," katanya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Harga Emas Naik di Tengah Kekhawatiran Inflasi AS

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:48 WIB

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB

Tekan Biaya Operasional Logistik dengan Dexlite

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:24 WIB
X