Pengadaan Barang dan Jasa Bisa Dikelola Secara Efisien dan Cermat

- Jumat, 9 Agustus 2019 | 08:24 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

TANGERANG, suaramerdeka.com - Dalam rangka mendukung program Penguatan Kelembagaan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ), khususnya tata kelola kelembagaan UKPBJ maka Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar workshop "Tata Kelola Pengembangan UKPBJ Menjadi Pusat Keunggulan Pengadaan" yang dilaksanakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Pondok Cabe.

"Kegiatan ini merupakan upaya kita dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan teman-teman, kita memang punya kepentingan bagaimana caranya supaya di era Revolusi Industri 4.0 bisa mengimplementasikan kemajuan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk kepentingan penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa," ujar Rektor UT, Ojat Darojat di kampus UT, Pondok Cabe, Kamis (8/8).

Oleh karena itu, Ojat mengatakan program ini sangat penting sehingga ke depannya pengadaan barang dan jasa bisa dikelola secara lebih efisien, lebih cermat dan lebih tepat bila dibandingkan dengan cara-cara tradisional. "Dan memungkinkan dengan mengembangkan aplikasi perangkat lunak pengadaan barang dan jasa bisa dikelola lebih efisien dan efektif dibandingkan cara-cara lama," jelasnya.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP, Robin Asad Suryo menjelaskan bahwa workshop ini difokuskan lebih kepada bagaimana membangun sistemnya, yaitu dengan cara organisasi dan SDMnya.

"Program modernisasi pengadaan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2015 bertujuan untuk mewujudkan profesionalisasi ahli pengadaan dengan menempatkan pelaksanaan pengadaan sebagai sebuah profesi, sehingga pengadaan harus dilaksanakan oleh tenaga yang profesional," kata Robin.

Dengan adanya kerja sama ini, Robin berharap UKPBJ yang dikelola oleh UT menjadi bagian dari UKPBJ yang memang dibina LKPP. "Karena LKPP salah satu tugasnya melakukan pembinaan terhadap semua instansi pemerintah, pengadaan Instasi pemerintah termasuk organisasi," tambahnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Dinkop Nyatakan Koperasi Tekad UPGRIS Kategori Sehat!

Jumat, 3 Februari 2023 | 16:19 WIB
X