Distribusi Komoditas Pangan di Jateng Jelang Ramadan Terpantau Lancar Dengan Jumlah Memadai

- Selasa, 21 Maret 2023 | 16:39 WIB
Pnatauan stok komoditas pangan di Pasar Johar untuk melihat pergerakan harga menjelang Ramadhan. (suaramerdeka.com/Dok)
Pnatauan stok komoditas pangan di Pasar Johar untuk melihat pergerakan harga menjelang Ramadhan. (suaramerdeka.com/Dok)

SUARAMERDEKA.COM - Distribusi stok komoditas kebutuhan pangan masyarakat menjelang Ramadan, dalam kondisi aman dan cukup dalam rangka memenuhi permintaan warga di Jawa Tengah.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jateng menyebutkan, pasokan dan distribusi komoditas berjalan lancar dan tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga di atas kewajaran.

Plt Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Ndari Surjaningsih mengatakan dari hasil pemantauan komoditas pangan yang ada di Pasar Johar Semarang, terlihat pasokan kebutuhan pokok masyarakat masih memadai.

Bahkan, harga juga masih terpantau terjaga dengan baik. 

Baca Juga: Daun Sejuta Manfaat Cocok Buat Pakan Ikan Lele, Bikin Lele Cepat Gemuk Sehat dan Kuat, Panen pun Berlipat

Ndari menjelaskan, dengan stok komoditas pangan yang cukup tersedia di pasaran akan memengaruhi kebutuhan pangan penyumbang inflasi bisa terkendali.

Meskipun nanti memasuki dan selama Ramadan akan terjadi permintaan yang tinggi, namun tidak sampai berpengaruh pada pergerakan harga dan memengaruhi laju inflasi.

Menurutnya, Bank Indonesia dan juga Pemprov Jateng akan terus memantau dan berkoordinasi guna menjaga ekspektasi serta inflasi di masyarakat.

Baca Juga: Bye Bye Bau Busuk Kolam Ikan Lele, Cukup Masukkan Daun Satu Ini Libas Bersih Bau dan Kotoran Saat Menguras

"Moga-moga ini tetap terjaga volatile food, sehingga dampaknya ke pencapaian inflasi yang kemarin sempat tinggi tahun lalu sekarang bisa tercapai dalam kisaran 3+-1 persen," kata Ndari saat melihat langsung stok pangan di Pasar Johar, Selasa 21 Januari 2023.

Sementara itu Kepala Biro Perekonomian Setda Jateng Eddy Bramiyanto menambahkan, menjelang Ramadan pihaknya terus melakukan pemantauan harga dan stok komoditas pangan.

Bahkan, pemantauan pergerakan harga juga dilakukan melalui media sosial keluhan dari masyarakat.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Perut Buncit Susah Pergi, Mending Dihindari Daripada Menyesal Nanti

Menurut Bramiyanto, stok pangan yang biasanya dibutuhkan masyarakat semacam bawang merah dan bawang putih masih relatif stabil harganya.

Ini termasuk cabai-cabaian juga masih stabil harganya, dan juga stok terpantau aman mencukupi.

Halaman:

Editor: Modesta Fiska

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X