Wow, Parsel Lebaran Diikuti 125 UMKM se-Jawa Tengah, Isinya Apa Saja Yaa...

- Selasa, 7 Maret 2023 | 20:48 WIB
Program parsel Lebaran yang menggandeng UMKM di Jawa Tengah. (suaramerdeka.com/Dok)
Program parsel Lebaran yang menggandeng UMKM di Jawa Tengah. (suaramerdeka.com/Dok)

SUARAMERDEKA.COM- Pemprov Jateng bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 3 Jateng DIY, Asosiasi Pengusaha Oleh-oleh (ASPOO) dan BliBli.com mengadakan program parsel Lebaran.

Program parsel Lebaran ini melibatkan 125 UMKM dan bertujuan membantu para pelaku UMKM di Jateng dalam pengembangan bisnis penjualan produk menjelang Lebaran nanti.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Ema Rachmawati mengatakan program parsel Lebaran tahun ini melibatkan 125 pelaku UMKM, dan lebih banyak bila dibandingkan tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Dicurigai Selingkuh Atau Gonta Ganti Pasangan, Begini Mitos Kanker Serviks yang Harus Dipatahkan

Ema menjelaskan, 125 pelaku UMKM itu berasal  dari 34 kabupaten/kota di Jateng dan hanya UMKM dari Kabupaten Grobogan tidak ambil bagian.

Tahun ini produk UMKM yang ikut program parsel Lebaran lebih bervariasi, tidak hanya makanan-minuman tapi juga ada kerajinan dan pakaian serta sembako.

Seluruh produk pelaku UMKM yang mengikuti program Parsel Lebaran telah melalui kurasi. 

Menurut Ema, tahun ini diperkirakan respons masyarakat akan jauh lebih besar dari tahun sebelumnya dan ditargetkan bisa mencapai Rp5 miliar. 

Baca Juga: Biar Setrong Cegah Kanker Serviks, Wajib Vaksinasi HPV Untuk Anak Perempuan Kelas 5 dan 6 SD, Ini Alasannya!

Berkaca pada dua tahun sebelumnya, program Parsel Lebaran di 2021 mampu mencapai penjualan Rp2,1 miliar dan di 2022 penjualannya mencapai Rp4,18 miliar.

Pemesanannya bisa melalui katalog yang dapat diunduh melalui link bit.ly/KatalogParcelJateng-2023.

"Bagi masyarakat umum dari dalam maupun luar provinsi yang ingin membeli, juga bisa memesan melalui marketplace BliBli," kata Ema usai peluncuran program Parsel Lebaran di Gradhika Bhakti Praja, Selasa 7 Maret 2023.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, pada tahun sebelumnya program Parsel Lebaran ada pemesanan dari Kalimantan dan Jakarta serta Bandung.

Baca Juga: Intip 6 Jenis Bougenville Paling Rajin Berbunga di Indonesia. Warnanya Auto Bikin Jatuh CInta

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra menambahkan, program tersebut merupakan wujud sinergi antarstakeholder untuk mengembangkan UMKM di Jateng.

Halaman:

Editor: Modesta Fiska

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Abon Bangkitkan Lagi UMKM Abon Nabati

Senin, 22 Mei 2023 | 07:00 WIB

Kadin dan BUMN Sinergi Ciptakan Peluang

Jumat, 12 Mei 2023 | 14:08 WIB
X