Tiga Srikandi BMX Temanggung Menggaung di Malaysia

- Selasa, 23 April 2019 | 08:07 WIB
 EMAS: Nadiva Aisha Najwa (8,5) berhasil mengharumkan nama Indonesia usai meraih medali emas Asian BMX Championship di Malaysia. (suaramerdeka.com / dok)
EMAS: Nadiva Aisha Najwa (8,5) berhasil mengharumkan nama Indonesia usai meraih medali emas Asian BMX Championship di Malaysia. (suaramerdeka.com / dok)

KUALA LUMPUR, suaramerdeka.com - Tiga srikandi BMX asal Temanggung mampu menorehkan prestasi membanggakan di kancah internasional. Ia adalah Amelia Nur Sifa (16), Rosida Stellina Romadhoni (15) dan Nadiva Aisha Najwa (8,5), berhasil mengharumkan nama Indonesia, karena berhasil memperoleh medali emas, perak dan perunggu, dalam Asian BMX Championship yang berlangsung di Malaysia tanggal 14 April 2019 lalu.

Di ajang internasional tersebut, Nadiva berhasil unggul menjadi terbaik pertama dengan mendapatkan kalungan medali emas. Sementara Amelia yang merupakan pembalap BMX kenamaan asal Temanggung itu, hanya sukses di nomor tiga dengan mendapatkan medali perak. Sementara Stellina juga hanya berhasil menyisihkan lawan-lawannya di nomor urut lima dengan medali perunggu.

Torehkan prestasi itu, selain membanggakan nama Indonesia dan Provinsi Jawa Tengah umumnya, tentu sangat dirasakan bagi Kabupaten Temanggung, khususnya. Karena di bumi Kota Tembakau itu mereka mendapatkan gemblengan dan didikan yang tak mudah. Mereka harus menjalani disiplin dan latihan, di sela-sela menumpuknya tugas sekolah di satuan pendidikan mereka masing-masing.

Informasi yang berhasil dihimpun, dua dari tiga srikandi BMX itu rupanya merupakan kakak adik, yakni Stellina dan Nadiva. Mereka berdua menyukai olahraga sepeda sejak lima tahun belakangan ini. Saat itu mereka terpesona melihat kepiawaian Amelia memainkan sepedanya dalam lomba BMX yang digelar di wilayah Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung.

"Sejak saat itu anak-anak saya mulai menyukai olahraga bersepeda. Kemudian menggeluti BMX. Amelia merupakan pembalap BMX andalan Indonesia dan Jawa Tengah. Dia sudah sering juara dalam sejumlah lomba BMX baik tingkat lokal, nasional maupun internasional. Anak-anak saya juga sering ikut lomba BMX dan turut sebagai juara," ungkap Romadhoni, ayah Stellina dan Nadiva.

Menurut dia, Amelia, Stellina dan Nadiva saat ini menjadi srikandi BMX asal Temanggung yang sering mengharumkan nama daerahnya, bahkan Indonesia. Amelia dan Stellina bahkan pembalap andalan Indonesia dan Jawa Tengah dalam PON 2020 bersama Stellina. "Amelia sudah hampir dipastikan selalu dapat juara. Untuk Indonesia bisa dikatakan nomor satu," jelasnya.

Meskipun dari segi usia mereka bisa dibilang masing sangat belia, semangat juara mereka pantas diapresiasi. Amelia saat ini masih duduk di bangku kelas X SMA 1 Parakan, sementara Stellina duduk dibangku kelas VIII SMP Negeri 1 Parakan dan Nadiva duduk kelas II di MI Al Ikhlas Parakan. Nadiva awalnya cuma ikut kakaknya saja, akhirnya malah jadi kecanduan balap BMX.

Selain prestasi di dalam negeri, Amelia pernah mendapatkan medali emas dan Stellina mendapatkan perunggu di ajang BMX di Thailand. Meski mereka sering mengikuti lomba BMX, pihaknya selalu menekankan kepada anak-anaknya untuk tetap semangat menimba ilmu pendidikan di sekolahnya. "Pendidikan juga penting agar mereka bisa pandai dan membentengi diri dari pergaulan bebas," tandasnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Squash Semarang Butuh Venue Terstandar untuk Berlatih

Jumat, 25 November 2022 | 05:40 WIB

Catur Jateng Optimistis Bersaing Porwanas 2022

Sabtu, 19 November 2022 | 20:14 WIB

Wartawan Berperan Pada Pembangunan Olahraga

Minggu, 13 November 2022 | 21:47 WIB
X