Berlin, Peluang Terakhir Renang Menuju Paralympic Tokyo

- Senin, 24 Mei 2021 | 12:01 WIB
Pelatih Bhima Kautsar memberi arahan pada tiga perenang pelatnas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) dalam latihan di kolam Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, Senin (24/5). (SM/Setyo Wiyono)
Pelatih Bhima Kautsar memberi arahan pada tiga perenang pelatnas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) dalam latihan di kolam Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, Senin (24/5). (SM/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com – Tiga perenang pelatnas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) bakal mengerahkan kemampuan memaksimalnya pada kejuaraan dunia di Berlin, Jerman, 17-20 Juni mendatang.

Ajang bertajuk "Internationale Deutsche Meisterchaften Im Para Schwimmen-IDM Berlin 2021" tersebut menjadi peluang terakhir untuk menuju Paralympic Games Tokyo 2021.

Ketiga atlet itu, Syuci Indriani (klasifikasi disabilitas S14), Jendi Pangabean (S9) dan Maulana Rifky Yavianda (S12), kini digembleng dalam training camp (TC) di Solo. Syuci merupakan satu-satunya perenang Indonesia yang telah mengantongi tiket menuju pesta olahraga disabilitas terbesar sejagat di Negeri Matahari Terbit tersebut.

"Dua lainnya masih punya peluang, terutama bagi Jendi Pangabean. Mudah-mudahan wildcard bipartide bagi Jenji yang diajukan pengurus NPCI, terealisasi. Tapi proses wildcard memang cukup rumit," kata pelatih pelatnas renang NPCI, Bhima Kautsar, Senin (24/5).

Pematangan Kecepatan

Terpisah, Wakil Sekjen NPCI Rima Ferdianto menyebutkan, Jendi merupakan salah seorang atlet pelatnas yang tengah diupayakan untuk mendapat wildcard bipartide, agar bisa bersaing ke Paralympic Tokyo.

Pihaknya juga mengajukan permohonan yang sama untuk sejumlah atlet cabang lain, seperti dari angkat berat, atletik, tenis meja dan bulutangkis.

"Jadi kalau ada benua yang tak menurunkan perwakilan atletnya untuk nomor dan cabang  tertentu, maka wildcardnya bisa jadi diberikan ke atlet dari negara lain peserta Paralympic Games, termasuk Indonesia," jelas Rima.

Khusus para atlet pelatnas renang, saat ini tengah ditempa materi latihan pematangan teknik dan kecepatan. Trio perenang itu menunjukkan progres speed yang terus meningkat pada nomor spesialisasinya masing-masing.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Terkini

Salatiga Posisi Dua Juara Umum Kejurprov Catur

Selasa, 28 Juni 2022 | 20:42 WIB
X