Gantole Perhitungkan Kejurnas Padang Pariaman

- Senin, 10 Mei 2021 | 14:04 WIB
DI ATAS PERAIRAN:Seorang atlet gantole Jateng terbang di atas perairan Waduk Gajahmungkur Wonogiri. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)
DI ATAS PERAIRAN:Seorang atlet gantole Jateng terbang di atas perairan Waduk Gajahmungkur Wonogiri. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com – Kegiatan uji coba lazim sebagai rangkaian persiapan tim dalam menghadapi sebuah event besar. Gantole Jateng pun memperhitungkan Kejurnas Padang Pariaman Cup 2 di Sumatera Barat (Sumbar) yang akan diselenggarakan pada 18-20 Juni nanti, sebagai bagian persiapan menghadapi PON XX/2021.

Kendati demikian tim tersebut belum memastikan, apakah akan mengikuti kejuaraan khusus nomor spot landing atau ketepatan mendarat tersebut atau tidak. Mengingat dana yang dimiliki terbatas, Susetiyoko ‘’Stik’’ dkk lebih berkonsentrasi pada pesta olahraga terbesar nasional yang rencananya digelar di Papua 20 Oktober-4 November 2021.

‘’Prioritas kami pada PON Papua. Tapi kalau ada dukungan yang meringankan biaya transportasi tim dan peralatan ke Sumbar, kami akan ikut bersaing di Kejurnas Padang Pariaman,’’ kata Ketua Pengprov Gantolle Jateng, Susetiyoko ‘’Stik’’, Senin (10/5).

Kejurnas itu bisa dimanfaatkan sebagai arena mengukur kemampuan diri serta mencermati peta kekuatan lawan. Sebab, biasanya tim-tim dari berbagai provinsi menurunkan para atletnya. Lebih-lebih, ajang itu merupakan satu-satunya kejurnas gantolle yang akan digelar pada 2021 ini.

Sebenarnya ada rancangan kejurnas lain. Yakni kejurnas lintas alam atau cross country (XC) di kawasan Waduk Gajahmungkur Wonogiri atau Gunung Telomoyo Kabupaten Semarang. Namun pandemi Covid-19 yang tak kunjung hilang, membuat agenda tersebut dibatalkan.

‘’Memang kejuaraan-kejuaraan nasional juga penting untuk mengasah mental atlet. Tetapi selama pandemi ini, tim-tim dari berbagai provinsi memilih lebih fokus pada latihan dan persiapan internal untuk menghadapi PON,’’ jelas Stik yang juga atlet asal Karanganyar itu.

Para atlet pelatda gantolle Jateng juga aktif menjalani latihan rutin sesuai program pelatih Oke Adriyanto dan di berbagai tempat. Pada awal 2021, sejumlah awak tim seperti Stik, Sulis Widodo (Solo), Isah Iriawan (Klaten) dan Supardi (Karanganyar), serta atlet lain seperti Kharisma Febri (Banyumas) dan Ayyas Yahya (Grobogan) berlatih di kawasan pantai Parangtritis, Bantul.

‘’Lalu sejak April hingga pertengahan Ramadan lalu, kami lebih banyak mengasah kemampuan di persawahan sekitar Waduk Mulur Sukoharjo dan Bukit Jolgo di kawasan Waduk Gajahmungkur,’’ tutur Stik

Editor: Andika

Tags

Terkini

ABTI Jateng Diminta Jaga Tradisi Cetak Pemain Nasional

Selasa, 25 Januari 2022 | 05:45 WIB

Andy Susanto Ketua KBI Salatiga Masa Bakti 2021-2025

Senin, 24 Januari 2022 | 09:15 WIB

Terpilih Aklamasi, Suyantoro Pimpin Inkado Jateng

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:54 WIB

Asiafi Salatiga Seleksi Atlet Senam Aerobik

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:15 WIB

Setelah 16 Tahun, Bridge Kembali Masuk Popda

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:24 WIB

Edy Rahmayadi Jewer Pelatih Biliar, Ini Penyebabnya

Rabu, 29 Desember 2021 | 11:11 WIB

KONI Jateng Ingin PON Aceh-Sumut Tetap 2024

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:08 WIB

Manfaat Olahraga Skipping, Ampuh Menaikkan Tinggi Badan?

Minggu, 26 Desember 2021 | 20:24 WIB
X