Ladies Series MLBB 2021, Wadah untuk Atlet Esports Perempuan

- Kamis, 6 Mei 2021 | 19:27 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Para atlet esports wanita di Tanah Air mulai mendapatkan tempat seiring dengan banyaknya turnamen yang dikhususkan untuk atlet perempuan. Salah satu ajang yang akan digelar khusus perempuan adalah, Ladies Series Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Sesuai agenda, turnamen yang digagas UniPin tersebut akan diselenggarakan mulai 20 Mei - 27 Juni 2021.

Ladies Series MLBB 2021 dihelat menggunakan sistem open qualifier dengan total prizepool Rp 100 juta. Pendaftaran dibuka mulai pada 7 – 18 Mei 2021. Babak kualifikasi akan terbuka bagi pemain profesional maupun amatir pada 20 – 22 Mei 2021. Selanjutnya diikuti dengan babak regular season yang berjalan selama 3 minggu mulai 27 Mei hingga 13 Juni 2021. Kedua babak tersebut akan diselenggarakan secara daring. Sementara, babak playoff pada 25-27 Juni 2021 akan diadakan secara offline.

Sekadar informasi, pertumbuhan gamers perempuan di ranah esports melanda banyak tempat, tidak terkecuali di Indonesia. Sebuah laporan oleh Newzoo menyebutkan persentase fans game perempuan mencapai angka 46%. Penonton esports perempuan juga tercatat telah mencapai 30% dan diprediksi akan bertumbuh setiap tahunnya. Hal ini menandakan bahwa esports semakin diminati oleh perempuan dan kebutuhan akan wadah pengembangan industri esports bagi mereka semakin besar pula.

Melihat hal tersebut, UniPin Community (UNITY) berinisiatif untuk memperluas partisipasi perempuan dalam esports melalui wadah kompetisi yang diatur secara profesional dan lebih kompetitif. Dimulai sejak awal tahun 2021, UNITY sendiri telah menggagas beberapa turnamen khusus perempuan. Mulai dari UniPin Ladies Championship (ULC) pada Februari dan yang terakhir adalah PUBG Mobile Cyber Arena (PMCA) di bulan Mei.

Debora Imanuella selaku Senior Vice President UniPin Community Indonesia mengatakan, ULC dan PMCA mendapatkan sambutan luar biasa. Hal ini menjadi sinyal positif bagi UNITY untuk menaikkan level kompetisi yang ada.

“Melihat respon yang sangat positif tersebut, kami percaya ekosistem esports perempuan akan menjadi semakin subur. Antusiasme dari para penggemar serta player secara langsung kepada inisiatif ini adalah bukti bahwa turnamen perempuan perlu mendapakan perlakuan yang serius seperti turna-men-turnamen lainnya. Bahkan Ladies Series MLBB juga dapat menjadi batu pijakan para player ke turnamen yang lebih besar atau mixed tournament di masa mendatang,” kata Debora.

Keseriusan Ladies Series MLBB 2021 juga dibuktikan dengan sokongan dari berbagai pihak. Pada ajang perdana, berbagai pemangku kepentingan mendukung kehadiran turnamen perempuan dengan level kompetisi tertinggi ini.

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) melalui Sekjen Frengky Ong, menyampaikan pesan secara terpisah agar para ladies berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. Sementara itu, Ashadi Ang sebagai Head of PR & Communication PB ESI mengemukakan, kehadiran Ladies Series MLBB 2021 sebagai perwujudan komitmen dalam mendorong ekosistem esports Indonesia yang lebih aktif dan atraktif,

“Turnamen profesional adalah sinyal bahwa ekosistem esports Indonesia sangat terbuka dan mendukung pertumbuhan gamer perempuan. TIdak hanya sebagai partisipan ataupun fan. Melainkan mendorong mereka untuk aktif sebagai pelaku kompetisi, pemain serta atlet yang dapat menjadi bibit-bibit talenta esports masa depan,” ujar Ashadi.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

X