Gantolle Jateng Tempa Delapan Calon Penerbang di Sukabumi

- Senin, 9 November 2020 | 14:47 WIB
TERBANG: Seorang atlet gantolle Jateng terbang di ketinggian Gunung Telomoyo, beberapa waktu lalu. Sejumlah calon atlet kini sedang ditempa di Sukabumi. (SM/Setyo Wiyono)
TERBANG: Seorang atlet gantolle Jateng terbang di ketinggian Gunung Telomoyo, beberapa waktu lalu. Sejumlah calon atlet kini sedang ditempa di Sukabumi. (SM/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com – Pembinaan dan pembibitan atlet terus dilakukan Pengprov Gantolle Jateng. Delapan calon penerbang olahraga dirgantara itu, kini digembleng secara intensif dalam latihan lanjutan di kawasan bukit Pantai Cikawung, Sukabumi, Jabar, selama hampir dua pekan sejak Kamis (5/11) lalu.

‘’Mereka dilatih untuk menerbangkan gantolle. Jadi, mulai dari mengecek segala perlengkapan terutama menyangkut keamanan terbang, persiapan termasuk membuka layangan, hingga terbang dari tempat take off dan melakukan pendaratan,’’ kata Ketua Pengprov Gantolle Jateng, Susetyoko ‘’Stik’’, Senin (9/11).

Rencananya, delapan siswa dari berbagai daerah seperti Klaten, Karanganyar, Grobogan, Semarang dan Pekalongan itu ditempa hingga 17 November mendatang.

Sebelumnya, mereka telah menjalani pengenalan gantolle, termasuk latihan ground handling pada area-area take off di kaki Gunung Telomoyo Kabupaten Semarang dan Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Baca Juga: Gantolle Jateng Asah Ketepatan Mendarat di Waduk Gajahmungkur

Empat atlet senior Jateng menjadi trainer dalam latihan lanjut tersebut. Selain Stik, tiga lainnya adalah Sulis Widodo, Isah Iriawan dan Supardi. Keempat orang itu juga merupakan atlet-atlet yang disiapkan Jateng guna menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX/2021.

Disinggung mengenai lokasi latihan lanjutan di Sukabumi, Stik menjelaskan, kawasan bukit Pantai Cikawung memiliki tempat-tempat yang relatif komplet untuk mengenalkan cara dan prosedur terbang gantolle yang benar, aman dan nyaman. Di perbukitan tersebut terdapat beberapa pilihan tempat take off dengan ketinggian bervariasi, yakni mulai lima meter hingga 20 meter.

Baca Juga: Atlet Gantolle Tingkatkan Performa

‘’Karena bentuknya latihan lanjut, maka perlu berlatih terbang dari tempat rendah, kemudian tambah ke posisi lebih tinggi. Kalau di Wonogiri, apalagi Telomoyo, lokasi take off-nya sangat tinggi bagi siswa,’’ jelas Stik.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

ABTI Jateng Diminta Jaga Tradisi Cetak Pemain Nasional

Selasa, 25 Januari 2022 | 05:45 WIB

Andy Susanto Ketua KBI Salatiga Masa Bakti 2021-2025

Senin, 24 Januari 2022 | 09:15 WIB

Terpilih Aklamasi, Suyantoro Pimpin Inkado Jateng

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:54 WIB

Asiafi Salatiga Seleksi Atlet Senam Aerobik

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:15 WIB

Setelah 16 Tahun, Bridge Kembali Masuk Popda

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:24 WIB

Edy Rahmayadi Jewer Pelatih Biliar, Ini Penyebabnya

Rabu, 29 Desember 2021 | 11:11 WIB

KONI Jateng Ingin PON Aceh-Sumut Tetap 2024

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:08 WIB

Manfaat Olahraga Skipping, Ampuh Menaikkan Tinggi Badan?

Minggu, 26 Desember 2021 | 20:24 WIB

One Pride MMA: Abror Dapat Dukungan dari BPR Arto Moro

Sabtu, 25 Desember 2021 | 09:10 WIB
X