Ayu dan Jakfar Lolos Semifinal Kejurnas Tarung Derajat Pra PON XX

- Sabtu, 23 November 2019 | 16:51 WIB
Ayu dari Kaliwungu dan Jakfar dari Weleri saat berangkat untuk berlaga di Kejurnas Tarung Derajat di Bandung (Foto : suaramerdeka.com/Hanief Sailendra)
Ayu dari Kaliwungu dan Jakfar dari Weleri saat berangkat untuk berlaga di Kejurnas Tarung Derajat di Bandung (Foto : suaramerdeka.com/Hanief Sailendra)

KENDAL, suaramerdeka.com - Dua atlet dari Puslatkab Jateng, Ayu Martaningtyas dan M. Jakfar Faisal memastikan diri maju ke babak semifinal pada Kejuaraan Nasional Cabang Olahraga Tarung Derajat BK PON XX di Bandung, Sabtu (23/11).

Ayu Martaningtyas yang berlaga di kelas 50 - 54 mengalahkan lawannya, Muntamah, dari DIY. Sedangkan rekannya, M. Jakfar menang atas M. Irwansyah dari Aceh di kelas 49 - 52.

Di BK PON XX, tarung derajat akan mempertandingkan dua nomor, yakni nomor tarung dan seni gerak. Sedangkan jumlah kelas yang dipertandingkan sebanyak 14, 5 kelas putri, dan 9 kelas putra. Untuk nomor seni gerak mempertandingkan Gerak Tarung Putra, Rangkaian Gerak Putri, Garang Putra, dan Gerak Tarung Campuran (putra/putri).

Menurut Sekjen KONI Pusat, Ade Lukman, dari 22 Pengurus Provinsi (Pengprov) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) se-Indonesia ada 350 atlet yang bersaing memperebutkan tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 Papua.

Ditambahkannya, KONI memastikan cabor tarung derajat akan selalu dipertandingkan di PON. Mengingat cabor tersebut merupakan cabor asli Indonesia.

"Pada peraturan organisasi khusus terkait PON, di sana tertulis jelas bahwa prioritas cabor yang dipertandingkan adalah cabor asli Indonesia. Tarung derajat jelas merupakan cabor asli juga kebanggaan Indonesia. Bahkan kami sedang berjuang agar tarung derajat bisa dipertandingkan di even nasional dan internasional," pungkasnya.

Editor: Maya

Tags

Terkini

X