Kenalan Yuk! Inilah 5 Maskot Piala Dunia yang Lucu dan Ikonik

- Rabu, 30 November 2022 | 06:36 WIB
La’eeb maskot Piala Dunia 2022 di Qatar (fifa.com)
La’eeb maskot Piala Dunia 2022 di Qatar (fifa.com)

SUARAMERDEKA.COM – Banyak hal yang selalu dinantikan selama berlangsungnya Piala Dunia. Dimulai dari informasi menarik tentang tempat penyelenggaraannya, soundtrack Piala Dunia hingga fakta dari para pemain.

Hal-hal tersebutlah yang membuat FIFA sebagai penyelenggara Piala Dunia semakin semarak dan ingin meninggalkan kesan tersendiri.

Dari setiap Piala Dunia yang berlangsung tentu ada satu hal yang tak boleh terlupakan. Hal tersebut adalah pemilihan maskot yang menjadi ciri khas dan selalu berbeda dari masa ke masa.

Baca Juga: Cek Tanggalnya! Ini Dia Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, Jangan Kelewatan Lho

Pemilihan maskot menunjukan bahwa Piala Dunia bukan hanya sekedar kompetisi sepak bola yang menegangkan dan penuh gengsi. Tetapi juga menunjukkan bahwa Piala Dunia bisa menjadi acara yang menyenangkan bagi semua penggemarnya.

Maskot memang sengaja dirancang secara unik dan istimewa. Selain sebagai simbol tuan rumah dan merchandising product, ia juga berperan untuk mempromosikan acara dan menghibur para penonton.

Oleh karena itu, Event Piala Dunia yang digelar FIFA setiap empat tahun sekali ini tidak dapat dipisahkan dari keberadaan sebuah maskot.

Baca Juga: Bulan Madu Romantis Ala Rendy Jhon dan Glenca Chysara

Maskot Piala Dunia biasanya dibentuk menyerupai flora, fauna atau kostum negara khas tuan rumahnya. Maka, dengan bentuknya yang menarik, banyak penggemar di seluruh dunia yang langsung membawa maskot tersebut sebagai oleh-oleh.

Sebelumnya, penggunaan maskot resmi pada Piala Dunia baru dimulai di Inggris pada tahun 1966, walaupun kejuaraan ini sudah diadakan sejak tahun 1930-an.

Sejak saat itu tradisi penggunaan maskot terus berlanjut hingga terakhir pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca Juga: Update Rangking Dunia BWF Pekan Ke-48, Ginting dan Ahsan/Hendra Turun

Yuk, mundur sejenak untuk sedikit bernostalgia dan mengenal lima maskot resmi Piala Dunia yang paling berkesan!

1. World Cup Willie Inggris (1966)

Inilah maskot untuk Piala Dunia pertama, Willie. Maskot Piala Dunia Willie dirancang oleh ilustrator buku anak-anak berkebangsaan Inggris Reg Hoye. Maskot ini berbentuk singa jantan yang merupakan simbol tradisional kerajaan Inggris.

Baca Juga: Pria Ini Bagi Rahasia Budidaya Lele dalam Ember Agar Cepat Panen, dapat Asupan Susu Bayi Rupanya

Maskot Willie ini juga bisa ditemukan di jersey yang bermotif bendera negara tersebut.

Popularitasnya menjadikan World Cup Willie sebagai tokoh utama dalam kartun kartunis Bill Titcombe dengan nama yang sama.

2. Tip dan Tap (Jerman Barat 1974)

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X