Buntut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi dan Presiden FIFA Sepakat Lakukan Transformasi

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 15:09 WIB
Konferensi pers Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA di Istana Negara (Sumber: tangkap layar YouTube/Sekretariat Presiden)
Konferensi pers Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA di Istana Negara (Sumber: tangkap layar YouTube/Sekretariat Presiden)

SUARAMERDEKA.COMPresiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 18 Oktober 2022.

Presiden Jokowi dan Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu untuk membahas soal transformasi sepak bola nasional pasca Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang.

Jokowi dan Gianni sepakat Tragedi Kanjuruhan jangan sampai terulang lagi di Indonesia.

Baca Juga: Presiden FIFA Temui Presiden Jokowi di Istana Negara, Bicarakan Soal Kepastian U-20

"Hari ini saya bertemu Gianni dan kami berbicara tentang tragedi di Malang 1 Oktober 2022, kami berdiskusi detail dan Presiden FIFA mengungkapkan duka kepada keluarga korban dan menyampaikan kepedulian atas tragedi yang terjadi," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana.

"Kami sepakat tragedi ini adalah pelajaran untuk sepak bola Indonesia dan dunia sepak bola. Dan jangan sampai kejadian ini terulang kembali, jangan sampai kegembiraan penonton berujung duka dan malapetaka," sambungnya.

Jokowi mengatakan, pemerintah Indonesia dan FIFA akan melakukan transformasi persepakbolaan Indonesia secara menyeluruh, dan memastikan semua aspek di dalamnya berjalan sesuai dengan standar dan keamanan yang ditetapkan.

Baca Juga: Cara Asyik Mendidik Anak Melek Internet dan Gadget di Era Digital, Ahli Parenting Bunda Wening: Jangan Kuno!

"Pemain dan penonton harus terjamin keselamatannya," kata Jokowi.

Selain itu, pemerintah Indonesia dan FIFA juga siap untuk melakukan kajian ulang terhadap seluruh stadion di Indonesia.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X