5 Hasil Investigasi Lengkap Tragedi Kanjuruhan The Washington Post: Terjadi karena Tindakan Polisi

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 13:17 WIB
Video tragedi Kanjuruhan yang dirilis The Washington Post (Twitter @washingtonpost)
Video tragedi Kanjuruhan yang dirilis The Washington Post (Twitter @washingtonpost)

MALANG, suaramerdeka.com - The Washington Post, media Amerika Serikat yang berbasis di Washington, 6 Oktober 2022, merilis hasil investigasi independen mereka terkait tragedi kanjuruhan.

Investigasi tragedi Kanjuruhan ini berdasarkan pemeriksaan terhadap lebih dari 100 video dan foto, wawancara dengan 11 saksi, dan analisis oleh ahli, pakar pengendali masa serta pembela hal sipil.

Hasil dari investigasi tersebut didapati bahwa respon polisi terhadap para suporter yang turun ke lapangan menggunakan gas air mata menjadi sebab awal kematian ratusan korban meninggal dan luka .

Baca Juga: Viral!! Ini Statemen Dadang yang Tuai Kontroversi, Hambat Misi Perdamaian Aremania dan Bonek

Berikut telah tim suaramerdeka.com rangkum dari washingtonpost.com 5 hasil investigasi independen terkait tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

1. 40 tembakan amunisi dalam 10 menit

Terjadi 40 penembakan amunisi hanya dalam rentang waktu 10 menit yang diarahkan ke kerumunan di mana hal ini telah melanggar protocol nasional dan keamanan internasional untuk pertandingan sepak bola.

Penembakan gas amunisi yang termasuk gas air mata, flash bang dan flare inilah yang menjadi penyebab awal puluhan ribu penonton di tribun berlarian ke pintu 11, 12 dan 13.

Baca Juga: Baim Wong dan Paula Verhoeven Bakal Diperiksa Jumat Siang, Polisi Buka Opsi Restorative Justice

2. Pintu keluar ditutup

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X