Peringatan FIGC: Eriksen Tak Boleh Main di Serie A Sampai ICD Tubuhnya Dicabut

- Jumat, 23 Juli 2021 | 09:19 WIB
DITANGANI: Pemain Denmark, Christian Eriksen dalam kondisi sadar dan ditangani tim medis usai kolaps di laga kontra Finlandia. (instagram @iamjosephmedlej)
DITANGANI: Pemain Denmark, Christian Eriksen dalam kondisi sadar dan ditangani tim medis usai kolaps di laga kontra Finlandia. (instagram @iamjosephmedlej)

MILAN, suaramerdeka.com – Christian Eriksen dipastikan tak boleh bermain di Serie A kecuali implan defibrilator (ICD) di dalam tubuhnya dicabut.

Peringatan itu disampaikan Federasi Sepak bola Italia (FIGC) melalui Francesco Braconaro, yang merupakan anggota Komite Sains Teknis

"Christian Eriksen tidak bisa mendapat izin untuk bermain di Italia. Jika defibrilator di tubuhnya dilepas, kemudian patologi-nya bisa diselesaikan, barulah ia bisa bermain lagi untuk Inter," ujarnya kepada Radio Kiss Kiss.

Saat membela Denmark di Euro 2020, gelandang 29 tahun itu kolapas henti jantung pada Juni lalu. Beruntung, Eriksen masih selamat usai mendapat pertolongan pertama di lapangan, yang dilanjutkan dengan perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Resmi Diperkenalkan Barcelona, Memphis Depay: Saya Memenuhi Mimpi Masa Kecil

Eriksen lantas menjalani pemasangan ICD di tubuhnya demi menjaga ritme detak jantungnya, sebelum akhirnya bisa keluar dari rumah sakit.

Untuk saat ini, Eriksen masih menjalani pemulihan dan belum bergabung dengan skuad Inter yang sudah memulai pramusim.

Usai pemasangan ICD, masa depan Eriksen di Inter diperbincangkan. Nah di Serie A sendiri, pemain yang terpasang ICD di tubuhnya dilarang tampil di kompetisi sepak bola Italia.

Soal peraturan kesehatan pemain, Italia dikenal sangat ketat sehingga tes medis untuk menjadi atlet pun dilakukan federasi, bukan klub.

Terbaru, FIGC ingin agar semua pemain Liga Italia memiliki pengetahuan dasar soal pertolongan pertama henti jantung, berkaca dari kasus Eriksen.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liga Italia: Juventus Menang Tipis 3-2 Atas Sampdoria

Minggu, 26 September 2021 | 19:59 WIB

Liga Italia: Inter Milan Ditahan Atalanta 2-2

Minggu, 26 September 2021 | 01:38 WIB

Liga Italia: AS Roma Menang Tipis 1-0 Atas Udinese

Jumat, 24 September 2021 | 04:53 WIB

Liga Italia: AC Milan Menang 2-0 Atas Venezia

Kamis, 23 September 2021 | 05:37 WIB

Liga Italia: Juventus Vs AC Milan Berakhir Imbang 1-1

Senin, 20 September 2021 | 05:02 WIB
X