Inggris Gagal di Adu Penalti, Gareth Soutgate Bertanggung Jawab Sepenuhnya

- Senin, 12 Juli 2021 | 09:19 WIB
Manajer timnas Inggris, Gareth Southgate menghibur Bukayo Saka usai kalah adu penalti dari Italia di final Euro 2020. (EPA)
Manajer timnas Inggris, Gareth Southgate menghibur Bukayo Saka usai kalah adu penalti dari Italia di final Euro 2020. (EPA)

LONDON, suaramerdeka.com – Inggris gagal menjuarai Euro 2020 usai takluk dari Italia melalui adu penalti pada laga di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Manajer timnas Inggris, Gareth Southgate bertanggung jawab penuh atas kegagalan itu. Keputusannya dalam menunjuk ekskutor menjadi malapetaka bagi The Three Lions.

"Ini semua murni di tangan saya. Saya memutuskan penendang penalti berdasarkan apa yang telah mereka lakukan dalam latihan, dan tidak ada yang berdiri sendiri," ujar Southgate dikutip dari Guardian.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Top Skorer Euro 2020, Donnarumma Pemain Terbaik Turnamen.

Melawan Italia, Inggris sebenarnya di atas angin usai mencetak gol cepat pada menit kedua melalui sepakan Luke Shaw.

Sayangnya, Italia kemudian mampu menyetarakan angka dari gol Leonardo Bonucci di menit ke-67. Laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu hingga adu penalti.

Dalam babak tos-tosan, tiga ekskeutor Inggris Marcus Rashford, Jadon Sancho serta Bukayo Saka gagal menuntaskan tugasnya.

Sementara di kubu Gli Azzurri hanya Andrea Belotti dan Jorginho eksekutor yang tak mampu menjalankan tugasnya, sehingga Gli Azzurri menang 3-2.

Baca Juga: Luke Shaw Pecahkan Rekor Gol Tercepat di Euro 2020

Penunjukan Rashford, Sancho, Saka menjadi penendang ini mendapat banyak sorotan. Rashford dan Sancho baru bermain di menit ke-118 pada babak perpanjangan waktu.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Artikel Terkait

Terkini

Hasil Liga Europa: AS Roma Menang Telak 3-0 Atas HJK

Jumat, 16 September 2022 | 04:44 WIB
X