Mulai Juni 2022, UEFA Terapkan FSCLR, Aturan Pengganti Financial Fair Play

- Jumat, 8 April 2022 | 06:24 WIB
Presiden UEFA, Aleksander Ceferin (bleacherreport)
Presiden UEFA, Aleksander Ceferin (bleacherreport)

NYON, suaramerdeka.com - Mulai Juni 2022, UEFA akan menerapkan aturan pengganti Financial Fair Play (FFP), di mana ada waktu 3 tahun bagi klub-klub di seluruh Eropa punya waktu tiga tahun untuk mengimplementasikan regulasi anyar.

BBC dan Daily Mail menyebutkan, regulasi baru ini dikeluarkan UEFA seiring perkembangan zaman dan melihat kondisi ekonomi klub selepas pandemi Covid-19.

Dari pandangan UEFA, aturan FFP dinilai sudah tak relevan hingga akhirnya menggantinya dengan Financial Sustainability and Club Licensing Regulations (FSCLR).

"Aturan keuangan pertama yang dikeluarkan UEFA pada 2010 (FFP) sudah memenuhi tujuan utamanya. Aturan tersebut membantu klub-klub Eropa menjauh dari masalah finansial dan merevolusi tata kelola klub sepak bola," ujar Presiden UEFA Aleksander Ceferin di Nyon, Swiss.

Baca Juga: Komik Bijak Al-Ghazali: Bersyukur kepada Selain Allah?

Sebelumnya dalam FFP, klub diperbolehkan menghabiskan dana 5 juta Euro lebih banyak dari yang mereka peroleh dalam penilaian selama tiga tahun.

Bahkan, limit itu bisa ditambah menjadi 30 juta Euro jika ditanggung oleh pemilik klub atau pihak terkait, di mana jumlah kerugian yang ditoleransi hanya sebesar 30 juta Euro selama tiga tahun.

Kini, dengan adanya FSCLR, angka-angka itu berubah menjadi lebih longgar karena ada musim 2023/24, klub boleh membelanjakan 90 persen dari pendapatan mereka.

Kemudian jumlah itu turun menjadi 80 persen pada musim 2024/25, dan kemudian menjadi 70 persen saja di musim berikutnya.

Baca Juga: Hasil Liga Europa: Eintracht Frankfurt Vs Barcelona Berakhir Seri 1-1

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hasil Liga Europa: AS Roma Menang Telak 3-0 Atas HJK

Jumat, 16 September 2022 | 04:44 WIB
X