Rusia Resmi Ajukan Banding ke CAS Atas Sanksi FIFA dan UEFA

- Jumat, 4 Maret 2022 | 05:25 WIB
Timnas Rusia (Piotr Kovalev/TASS)
Timnas Rusia (Piotr Kovalev/TASS)

MOSKOW, suaramerdeka.com - Rusia melalui federasi sepak bolanya (RFU) resmi mengajukan banding ke Pengadilan Arbistrase Olahraga (CAS) setelah timnas dan klub-klubnya mendapatkan sanksi dari FIFA serta UEFA.

Sanksi FIFA dan UEFA itu merupakan buntut dari invasi Rusia ke Ukraina, di mana klub-klub negara Beruang Merah langsung dicoret dari kompetisi-kompetisi antarklub Eropa di bawah naungan UEFA.

FIFA yang mencoret Rusia dari Playoff Piala Dunia 2022 sehingga tidak bisa mengikuti turnamen di Qatar tersebut akhir tahun ini.

"RFU akan meminta pengembalian hak bertanding untuk timnas pria dan wanita Rusia di seluruh ajang sepakbola yang mereka ikuti (termasuk Kualifikasi Piala Dunia di Qatar), dan juga kompensasi atas kerugian yang didapat," ujar pernyataan RFU yang dikutip Reuters.

Baca Juga: Kunjungi Latihan Perdana Timnas Indonesia U-19, Ini Pesan Ketum PSSI dan Menpora

Bahkan, tim Rusia juga dilarang menggunakan bendera dan nama negara mereka saat berlaga di event internasional, serta klub-klub dan timnas juga diharuskan bermain di luar Rusia dan tanpa penonton.

Rusia dirugikan dengan keputusan UEFA dan FIFA karena tidak mempunyai batas waktu dan semakin memukul mereka karena banyak kerjasama sponsor yang dihentikan karena agresi militer Rusia tersebut.

Bahkan, olahraga non-sepakbola juga terkena imbas sehingga membuat atlet-atlet Rusia dikucilkan.

Tak ingin masalah ini jadi berkepanjangan, RFU resmi melayangkan surat banding kepada Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) untuk melawan keputusan FIFA dan UEFA.

Baca Juga: Mengenal Sosok David da Silva, Penyerang Persib Bandung yang Sedang Naik Daun

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X