Gol Bunuh Diri Merih Demiral Jadi Sejarah Piala Eropa

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 05:24 WIB
BUNUH DIRI: Bek Turki Merih Demiral (3) mencoba menghalau bola, yang berujung pada gol bunuh diri timnya. (reuters)
BUNUH DIRI: Bek Turki Merih Demiral (3) mencoba menghalau bola, yang berujung pada gol bunuh diri timnya. (reuters)

ROMA, suaramerdeka.com – Gol bunuh diri yang dicetak pemain Turki Merih Demiral masuk dalam sejarah perhelatan Piala Eropa.

Untuk kali pertama dalam sejarah Piala Eropa, gol pembuka berasal dari gol bunuh diri. Dalam laga kontra Italia di Stadio Olimpico Roma, Sabtu (12/6/2021), gol itu terjadi pada menit 51.

Saat itu, pemain Italia Domenico Berardi melepaskan umpan tarik ke kotak penalti lawan. Demiral coba menghalau bola, namun malah memantul dan mengenai dadanya lalu masuk ke gawang sendiri.

Gol itu membuat kebuntuan Italia pecah sehingga mereka bisa mencetak dua gol tambahan melalui Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne, yang memenangkan Italia 3-0. Jika ditotal, Demiral menjadi pencetak gol bunuh diri ke-10 sepanjang sejarah Euro.

Baca Juga: Lagi, Tawaran Manchester United untuk Jadon Sancho Ditolak Borussia Dortmund

Sejauh ini, gol pembuka tercepat di babak utama Euro masih menjadi milik gelandang legendaris Yunani, Georgios Karagounis, saat membobol gawang tuan rumah Portugal saat laga baru berusia tujuh menit pada Piala Eropa 2004.

Karagounis juga menjadi pemain terakhir yang mencetak gol pembuka turnamen sekaligus berakhir dengan medali juara di pengujung Euro yang sama.

Sejak babak utama Piala Eropa menggunakan format grup mulai 1980, pencapaian Karagounis sama dengan legenda Prancis Michel Platini pada 1984 dan legenda Jerman Barat Karl-Heinz Rummenige empat tahun sebelumnya.

Di era 1960 s.d. 1976 yang babak utama Euro tak ubahnya empat besar relatif umum untuk pencetak gol pembuka dan timnya menjadi runner-up atau bahkan juara turnamen.

Berikut daftar pencetak gol pembuka turnamen tiap edisi Euro:

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Finlandia Menang Tipis 1-0 Atas Denmark

Minggu, 13 Juni 2021 | 03:10 WIB

Belgia Diunggulkan Menang Atas Rusia

Sabtu, 12 Juni 2021 | 14:04 WIB

Turki Vs Italia, Gli Azzurri Menang Telak 3-0

Sabtu, 12 Juni 2021 | 03:55 WIB

Kopiko Lucky Day Semarakkan Piala Eropa 2020

Rabu, 9 Juni 2021 | 14:13 WIB
X