Argentina Batal Jadi Tuan Rumah Copa America 2021, Ini Alasannya

- Senin, 31 Mei 2021 | 14:00 WIB
Trofi Copa America. (reuters)
Trofi Copa America. (reuters)

LUQUE, suaramerdeka.com - Argentina batal menggelar Copa America 2021, yang dihelat 13 Juni hingga 10 Juli mendatang. Sebelumnya, Kolombia juga batal menjadi tuan rumah turnamen antarnegara Amerika Latin tersebut.

Ada alasan berbeda terkait batalnya dua negara itu. Kolombia batal menjadi tuan rumah menyusul gejolak politik yang tak menentu, usai protes keras kepada presiden Ivan Duque.

Dengan begitu, Argentina menjadi tuan rumah tunggal sembari menunggu negara pengganti Kolombia dari Federasi Sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL). Namun, Argentina juga memilih mundur sebagai tuan rumah karena tingginya angka kasus Covid-19 di negara tersebut.

Baca Juga: Timnas Italia Rampingkan Skuat, Ini Pemain yang Dicoret

Argentina punya rataan kasus tertinggi kelima di dunia, di mana 76 kasus per 100.000 orang, Senin (31/5/2021. Angka itu sama dengan dari 34.000 kasus per harinya. Angka kasus dalam 14 hari di Argentina meningkat 54 persen!

Pemerintah Argentina mau tak mau harus melakukan lockdown dengan melarang aktivitas yang non-esensial, termasuk sepak bola. Dengan demikian CONMEBOL akan mencari tuan rumah dalam waktu dua pekan agar Copa America bisa digelar sesuai jadwal.

Sejauh ini, Chile dan Peru jadi kandidat kuat, dan ada kemungkinan Copa America 2021 dihelat di Amerika Serikat.

"CONMEBOL akan menganalisa tawaran dari negara lain yang tertarik menggelar turnamen ini. Kami akan memberikan perkembangan terbaru secepatnya," ujar pernyataan resmi CONMEBOL.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Drawing Liga 3 2021, 26 Tim Terbagi Lima Grup

Rabu, 22 September 2021 | 20:48 WIB
X