Era Digital, Harus Ada Aturan Anak Pegang Gadget

Andika
- Rabu, 26 Mei 2021 | 08:44 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

UNGARAN, suaramerdeka.com - Dewasa ini, menurut pakar parenting, Nurul Fadlilah Ernawati S.Psi, adanya internet, anak-anak memiliki kebebasan dan kemudahan memilih teknologi. Anak-anak, dihadapkan pada pilihan apakah akan terbuka atau menutup diri?

"Segi positif internet itu banyaknya kemudahan yang didapat. Tapi negatifnya munculnya berbagai penyakit seperti kanker, depresi, gangguan interaksi sosial. Maka orang tua harus berani membuat aturan screen time (pola penggunaan internet) pada anak. Ingat 90 persen anak itu sudah tahu menggunakan internet dan selebihnya tidak tahu." kata Nurul.

Hal itu disampaikan pada webinar parenting "Peran Orang tua Di Era Digital" Selasa (25/5). Acara ini diselenggarakan Dreamlight Creative School SMK Visi Media Indonesia (VMI) Ungaran.

"Soal screen time itu, kita harus berani memuat aturan tentang bagaimana pegang HP. Misal hanya 30 menit setiap hari, selebihnya adalah family time," kata Founder Rumah Sayang Anak Parenting Enthusiast ini.

Ini semua akan berpengaruh pada pola asuh orang tua. Anak itu ibarat tumbuhan langka yang mahal yang harus dirawat sampai tumbuh berkembang. "Kasih sayang dan doa saja tidak cukup, harus ada usaha yang memadai untuk menjadi ortu yang pintar," tandas Nurul Fadlilah Ernawati.

Editor: Andika

Terkini

Demi Jersey CR7, Fans Cilik Ini Kena Denda Rp 48 Juta

Senin, 15 November 2021 | 14:01 WIB

Chiellini Dibujuk Tampil di Piala Dunia 2022

Kamis, 15 Juli 2021 | 14:26 WIB

Piala Eropa 2020 Jadi Obat Italia Selama Pandemi

Selasa, 13 Juli 2021 | 15:58 WIB

Southgate Kutuk Pelecehan Rasis pada Pemainnya

Selasa, 13 Juli 2021 | 14:51 WIB
X