Metode Kepelatihan Xavi di Barcelona: Tegakkan Aturan Dulu, Gaya Main Belakangan

- Rabu, 10 November 2021 | 05:21 WIB
Xavi Hernandez saat menjalani latihan perdananya sebagai pelatih bersama Barcelona.(Instagram @fcbarcelona)
Xavi Hernandez saat menjalani latihan perdananya sebagai pelatih bersama Barcelona.(Instagram @fcbarcelona)

BARCELONA, suaramerdeka.com - Usai resmi ditunjuk menjadi pelatih Barcelona, Xavi Hernandez mengungkapkan fokus dalam metode kepelatihannya untuk membangkitkan tim.

Xavi Hernandez menegaskan, dia akan membuat aturan lebih dulu demi mendisiplinkan pemain Barcelona, serta mengesampingkan gaya main.

"Saya rasa pertama-tama yang terpenting adalah kami harus membuat aturan dan menuntut lebih dari diri kami sendiri," ujar Xavi Hernandez soal cara membangkitkan Barcelona yang lagi terpuruk, dilansir ESPN.

Dengan tingkat kedislipinan tinggi dan juga komitmen para pemain, Xavi Hernandez meyakini maka gaya main tiki-taka yang menjadi ciri khas Barcelona, akan terbentuk dengan sendirinya.

Baca Juga: Paul Pogba Berpotensi Absen 2 Bulan, Cedera Saat Berlatih Menembak

"Setelah itu kita bisa bicara soal nilai, soal rasa hormat dan sikap, karena jika kita tidak punya nilai, kita tidak bisa punya tim. Lalu kita bisa bicara soal gaya main, seperti apa kami mau main, menyerang, dan bertahan," sambungnya.

Mengaplikasikan gaya main tiki-taka yang selama ini menjadi ciri khas Barcelona, bisa saja tak sulit diaplikasikan Xavi Hernandez.

Maklum semasa aktif menjadi pemain, Xavi Hernandez merupakan pusat permainan tiki-taka Barcelona saat diasuh Pep Guardiola.

"Pada akhirnya sih, ide permainan saya sama dengan Johan Cruyff. Bek pertama saya adalah striker dan penyerang pertama saya adalah kiper. Kami harus bekerja keras secara taktik, menekan lawan, dan mendominasi bola."

Baca Juga: Ngopi Bareng Pak Wali, Sarana Komunikasi Pemkot Magelang dengan Warga

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Real Madrid Vs Valencia: Los Blancos Menang Telak 4-1

Minggu, 9 Januari 2022 | 05:29 WIB
X