Marak PHK, Klaim JHT Melonjak Rp 48 Miliar

Biro Muria
- Sabtu, 17 Oktober 2020 | 10:55 WIB
Penyerahan klaim JKM dan JHT dilakukan oleh Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Kudus Multanti. (suaramerdeka.com/dok)
Penyerahan klaim JKM dan JHT dilakukan oleh Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Kudus Multanti. (suaramerdeka.com/dok)

KUDUS, suaramerdeka.com - Tingginya pemutusan hubungan kerja (PHK) di saat pandemi covid-19 ini berdampak pada pembayaran klaim jaminan sosial ketenagakerjaaan, terutama jaminan hari tua (JHT) oleh Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Kudus Multanti mengatakan pada periode Januari-September 2020 BPJAMSOSTEK Cabang Kudus telah membayarkan klaim jaminan sosial untuk JHT sebesar Rp 200,1 miliar. Jumlah ini terhitung naik Rp 48 miliar dari periode yang sama di tahun 2019, yaitu sebesar Rp 152,1 miliar.

“Pembayaran klaim JHT memang paling tinggi dibandingkan dengan pembayaran jaminan sosial ketenagakerjaan yang lain,” kata Multanti.

Dengan kenaikan klaim JHT, secara keseluruh pembayaran klaim oleh BPJAMSOSTEK Kudus yang membawahi wilayah Jepara, Kudus, Pati, Blora, dan Rembang juga mengalami kenaikan signifikan yaitu dari tahun 2019 pada periode Januari-September hanya 152,1 miliar menjadi Rp 231,5 miliar pada periode yang sama tahun 2020.

Klaim jaminan lainnya terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) juga naik dari Rp 10,5 miliar menjadi Rp 11,5 miliar, Jaminan Kematian (JKM) naik dari Rp 11,7 miliar menjadi Rp 15,6 miliar, dan Jaminan Pensiun (JP) naik dari Rp 1,9 miliar menjadi Rp 4,3 miliar.

“Secara keseluruhan, kepesertaan BPJAMSOSTEK juga mengalami pertumbuhan,” sebut Multanti.

Dalam rangka memberikan manfaat kepada peserta, BPJAMSOSTEK terus menyampaikan berbagai layanan pembayaran klaim atau santunan secepatnya. Seperti yang disampaikan  santunan Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT) kepada ahli waris peserta di PT Nojorono Kudus dengan jumlah mencapai Rp76,5 juta.

Multanti mengatakan, klaim tersebut dibayarkan untuk peserta atas nama alm Dharma Tjandra yang mengikuti program BPJAMSOSTEK melalui perusahaan tempatnya bekerja di PT Nojorono.

Penyerahan klaim JKM dan JHT dilakukan oleh Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Kudus Multanti didampingi Kepala Bidang Kepesertaan Budi Hananto. Selain itu juga diterima ahli waris almarhum Dharma Tjandra yaitu Peter Muhamad Faruq didampingi CRM Manager PT Noyorono yakni T Sugiyono, di ruang pertemuan PT Noyorono.

Halaman:

Editor: Biro Muria

Terkini

Everton Resmi Pecat Rafael Benitez Sebagai Manajer

Senin, 17 Januari 2022 | 06:25 WIB
X