KKN Online Mahasiswa UNS, Buat Warung Hidup dan Bagikan ke Tetangga

Andika
- Senin, 15 Juni 2020 | 12:25 WIB
BAGI TANAMAN: Nurlita Asri Andriani membagikan tanaman dan juga bibit dari warung hidup yang digagasnya dalam KKN Online. (suaramerdeka.com / dok)
BAGI TANAMAN: Nurlita Asri Andriani membagikan tanaman dan juga bibit dari warung hidup yang digagasnya dalam KKN Online. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Selama masa pandemi, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta melangsungkan program KKN Online selama bulan Mei hingga Juni tahun 2020 agar mahasiswa tetap tinggal dan berkegiatan dari rumah.

Program berjudul Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19 ini bertujuan agar bisa berkontribusi bersama masyarakat dalam menghadapi pandemi. Nurlita Asri Andriani, mahasiswi Program Studi Kedokteran misalnya, berinisiatif membuat warung hidup di pekarangan rumah.

Perempuan yang akrab disapa Lita ini menanam berbagai sayuran seperti bayam, terong, tomat, sawi, cabai rawit, dan brokoli. Tanaman-tanaman ini akan dibagikan ke warga di sekitar tempat tinggalnya. "Sudah dibagikan ke masyarakat 12 Juni kemarin, ada tanaman warung hidup dan juga bibit sayuran ke warga RT 03 RW 08 Kelurahan Pedurungan Kidul, Kecamatan Pedurungan Kota Semarang," ujar Lita.

Ia pun juga menjelaskan apakah tanaman tersebut bisa tumbuh optimal di bawah sinar matahari langsung, atau sebaliknya, hanya tumbuh subur di tempat yang teduh. Penjelasan secara detail bagaimana cara menanam bibit, menyiram, dan merawatnya diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk mau mengembangkan warung hidup sendiri di rumah.

"Harapannya tentu dengan membuat warung hidup sendiri di rumah, dapat mengurangi pengeluaran untuk belanja keperluan dapur, serta mengurangi potensi paparan Covid-19 karena tidak terlalu sering belanja ke pasar,'' imbuhnya.

Editor: Andika

Terkini

Everton Resmi Pecat Rafael Benitez Sebagai Manajer

Senin, 17 Januari 2022 | 06:25 WIB
X