Laga Brasil Vs Argentina Harus Ditunda Usai Invasi Otoritas Kesehatan Setempat

- Senin, 6 September 2021 | 06:27 WIB
Invasi petugas kesehatan dalam laga Brasil Vs Argentina yang membuat pertandingan akhirnya ditunda. (Instagram @fdefutbol2)
Invasi petugas kesehatan dalam laga Brasil Vs Argentina yang membuat pertandingan akhirnya ditunda. (Instagram @fdefutbol2)

SAO PAOLO, suaramerdeka.com - Duel Brasil kontra Argentina dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL harus ditunda

Penundaan laga Brasil kontra Argentina menyusul intervensi otoritas kesehatan Brasil (Anvisa) serta kepolisian setempat, yang menghentikan jalannya pertandingan.

"Berdasarkan keputusan wasit, pertandingan yang diselenggarakan oleh FIFA antara Brasil dan Argentina untuk Kualifikasi Piala Dunia ditangguhkan."

"Wasit dan komisaris pertandingan akan menyerahkan laporan kepada Komite Disiplin FIFA, yang akan menentukan langkah-langkah yang harus diikuti. Prosedur ini secara ketat mematuhi peraturan saat ini," demikian pernyataan resmi CONMEBOL.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Italia Ditahan Imbang Swiss 0-0

Intervensi dari Arvinsa saat laga baru berjalan tujuh menit ini tak lepas dari adanya dugaan pelanggaran empat pemain Argentina yang bermain di Premier League yakni Emiliano Martinez, Emiliano Buendia, Giovani Lo Celso dan Cristian Romero.

Empat pemain Argentina itu tak menjalani menjalani karantina yang wajib dilakukan para tamu yang datang dari Inggris ke Brasil.

"Ada empat pemain. Saat tiba di wilayah nasional, mereka menunjukkan surat keterangan sehat," kata presiden direktur Anvisa, Antonio Barra Torres, dilansir dari Globo.

"Dalam dokumen itu mereka tidak menyebutkan bahwa mereka berada di salah satu dari tiga negara yang masuk negara-negara yang dibatasi, tepatnya untuk membendung pandemi."

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Inggris Hantam Andorra 4-0

"Tetapi kemudian ditemukan bahwa mereka terbang dari Inggris," kata Barra Torres lagi.

Keempat pemain Timnas Argentina terancam dideportasi dari wilayah Brasil, sekaligus akan dikenai sanksi denda akibat melanggar protokol kesehatan yang diterapkan.

Selaku federasi tertinggi sepak bola Amerika Selatan, CONMEBOL akhirnya mengumumkan penundaan duel Brasil kontra Argentina namun belum memastikan kapan pertandingan kedua tim akan dilanjutkan.

"Kualifikasi Piala Dunia adalah kompetisi FIFA. Semua keputusan tentang organisasi dan pengembangannya adalah kekuatan eksklusif lembaga tersebut," tandas CONMEBOL.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X