panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
03 Oktober 2011
BPN Grobogan Inventarisasi Tanah Negara

GROBOGAN- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Grobogan telah menginventarisir tanah negara seluas 150 hektare di kabupaten setempat. Kegitan tersebut dimulai sejak awal tahun ini, dan masih akan terus dilanjutkan sampai akhir tahun 2012.

”Terhitung hingga bulan September tahun ini, kami baru berhasil menginventarisir tanah negara seluas 150 hektare. Tanah seluas itu terdapat di 20 desa di 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan,” kata Kepala BPN Grobogan Sumral Buru Manoe SH didampingi Kasubsi Penetapan Hak BPN  Supriyono, seusai pelepasan peserta jalan santai dalam rangka peringatan Hari Agraria Nasional ke-51 dan Bulan Bakti Agraria Tahun 2011 oleh Bupati H Bambang Pudjiono SH, Minggu (2/10).

Sumral menambahkan, tanah milik negara tersebut oleh pemerintah akan diredistribusikan kepada petani yang tidak punya tanah. Namun hal itu hanya bisa dilakukan apabila di Kabupaten Grobogan ditemukan seribu hektare tanah milik negara.

”Sampai saat ini yang diinventarisir bari 150 hektare. Kalau nanti bisa mencapai seribu hektare maka akan diredistribusikan kepada masyarakat tertentu yang memenuhi persyaratan,” ungkap Sumral.

Larasita

Selain program inventarisasi tanah negara, BPN Grobogan juga tengah gencar melaksanakan program Layanan Rakyat Untuk Sertifikat Tanah (Larasita). Program itu diluncurkan supaya masyarakat terhindar dari calo tanah pada saat pengurusan legalitas kepemilikan.

”Saya harap jika masyarakat memiliki masalah berhubungan dengan tanah dapat memanfaatkan layanan ini. Tidak perlu bersusah payah untuk datang ke kantor kami. Cukup dengan menelepon di nomor layanan di 085865776779, kita akan langsung datang dan melayani,” ujarnya.

Sementara itu, berkaitan dengan peringatan Hari Agraria Nasional Ke-51 dan Bulan Bakti Agraria Tahun 2011, BPN Grobogan mengadakan jalan santai dan kegiatan sosial, seperti pembagian sembako ke panti asuhan, donor darah kerja sama dengan PMI Grobogan, bantuan pendidikan anak-anak, serta bantuan sosial kepada pensiunan pegawai BPN. (K11-69)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER