panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
01 Agustus 2012 | 13:09 wib
Menghadapi "Musuh dalam Selimut"
image

Musuh dalam selimut, bagai menggunting dalam lipatan. Teman yang sepertinya baik, bisa jadi seseorang yang akan menusuk Anda dari belakang. Hm, backstabber nyata-nyata memang ada dan Anda harus lebih waspada. Pasang mata, pasang telinga, dan jangan pernah lengah.

Dalam dunia kerja, backstabber pun beredar luas. Merekalah yang siap mencuri ide-ide brilian Anda. Tak pernah Anda sadari sebelumnya, dia yang selalu berkeluh kesah dan menceritakan hal apapun pada Anda, begitu juga sebaliknya Anda padanya, justru tengah bersiap mengakui hasil kerja keras Anda sebagai karyanya.

Persaingan di tempat kerja memang diperlukan, setidaknya untuk membantu meningkatkan kinerja kita dan harus dilakukan dengan cara yang sehat. Sayangnya, banyak orang memilih menghalalkan segala cara dalam bersaing sebagai akibat kondisi dan manajemen kantor yang tidak sehat sehingga menimbulkan kecemburuan.

Agar tak mengalami kecurangan dan tindakan tidak menyenangkan dari rekan kerja yang mencuri secara sembunyi-sembunyi ide Anda dan mengakui sebagai hasil karyanya, sebaiknya mulailah menunjukkan performa kerja Anda secara lebih terbuka kepada atasan. Jangan dulu terburu menceritakan keberhasilan Anda menyelesaikan pekerjaan kepada rekan kerja.

Sebaiknya, tunjukkan hasil kerja kepada para kolega agar mereka mengetahui sikap profesional Anda dalam bekerja. Ungkapkan inde-ide tersebut di hadapan rekan-rekan kerja saat rapat mingguan. Pastinya tidak seorangpun yang akan mencuri ide brilian Anda tersebut.

Ketakutan menyampaikan ide-ide pada atasan bisa disiasati melalui email. Berkomunikasilah secara intens dengan mengirimkan CC atas hasil kerja yang sudah Anda kerjakan kepada atasan dan biarkan ia mengetahui sepak terjang Anda dalam bekerja dan berkarya.

"Saya selalu men-cc hasil kerja kepada atasan, agar atasa tahu apa yang sudah saya kerjakan dan hasil apa saja yang sudah saya berikan untuk perusahaan," ungkap Agus, engineer perusahaan baja.

Sebuah pekerjaan yang sudah dilakukan, tentu memerlukan feedback atau semacam apresiasi, agar kita bisa tahu sejauh mana hasil pekerjaan yang dilakukan selama ini. Mintalah komentar dari bos atau rekan kerja senior. Selain bisa mengoreksi pekerjaan Anda, cara ini menunjukkan bahwa Anda bertanggungjawab terhadap pekerjaan Anda tersebut.

Daripada hanya menjadi sekedar bayangan, dan sosok Anda tenggelam diantara rekan-rekan yang bersaing kuat ingin tampil unggul di depan atasan dan kolega, yang diperlukan hanyalah bersikap ramah dan teguh pendirian. Jagalah hubungan kerja yang baik dengan atasan, kolega dan rekan kerja. Carilah dukungan dari mereka, dan jangan buat diri Anda gampang terombang-ambing karena kabar-kabar burung yang beredar tentang perusahaan. Intinya jangan sampai termakan jebakan apapun yang bisa merugikan diri Anda di belakang hari.

(maya/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
27 Agustus 2014 | 12:33 wib
Dibaca: 12779
image
18 Agustus 2014 | 11:47 wib
Dibaca: 15363
image
06 Agustus 2014 | 11:32 wib
Dibaca: 16764
image
26 Juli 2014 | 17:36 wib
Dibaca: 17369
image
08 Juli 2014 | 12:15 wib
Dibaca: 21358
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER