panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 Juli 2012 | 15:49 wib
Diet Sehat dengan Makanan Mentah, Tertarik?
image

Piramida Raw Food Diet

Raw food diet belakangan ini semakin menjamur di Indonesia. Tren diet ini mulanya dibawa oleh sederet selebriti Hollywood yang sukses menjalani raw food diet. Mulai dari Uma Thurman, Natalie Portman, Alicia Silverstone, Cher, Lisa Bonet, Sting, hingga Jason Mraz. Diet ini lalu diikuti pula oleh beberapa selebriti tanah air, salah satunya pasangan suami istri Sophie Navita dan Pongki Barata.

Sudah hampir 1.5 tahun, Sophie menjalani raw food diet. Namun, sebelum menjalani diet tersebut, Sophie sebenarnya sudah sering mengonsumsi sayur mentah. Selama 2,5 tahun, ia setia makan makanan tanpa dimasak. Sadarnya, makanan yang diolah selama ini cenderung tidak sehat, pasalnya, udara yang tercemar, membuat tubuh pun makin banyak terpapar racun.

Diakui Sophie, menjalani diet ini membuat tubuhnya jauh lebih sehat, "waktu sakit juga cepet sehatnya. Sayur mentah dan buah membawa enzim sendiri ketika masuk ke tubuh kita. Badan jadi lebih santai," jelas Sophie, presenter dan penyanyi yang berat badannya kini turun ke angka 51 kg itu.

Diet raw food ditemukan pertama kali oleh seorang ahli biokimia asal Finladia, Arturri Virtanen. Ia menemukan, saat mengunyah makanan mentah, enzim dalam makanan tersebut akan dilepaskan ke mulut. Ibarat kunci dan lubang pintu, enzim tersebut saling melengkapi dengan enzim yang diproduksi tubuh manusia untuk mencerna makanan.

Kenali pengolahannya

Arthur M, Baker, MA, MHE penulis buku "Awakening Our Self-Healing Body", menjelaskan, diet raw food tidak membolehkan makanan dipanaskan di atas 46 derajat Celcius, karena bisa melenyapkan enzim makanan, bahkan dalam tingkat tertentu bisa membahayakan tubuh.

Sementara, dilansir dari FitSugar, dalam melakukan diet ini, setidaknya sebanyak 75 persen makanan tidak dimasak. Pasalnya, diet ini mewajibkan mengonsumsi makanan mentah, diolah seminimal mungkin dan jika perlu dipilih dari bahan makanan organik.

Kenali komunitas

Jika tertarik melakukan diet raw food, sebaiknya kenali terlebih dulu tiga kelompok raw foodist (pelaku diet raw food). Aliran raw veganism hanya makan sayur, buah, dan kacang-kacangan mentah. Sementara, raw vegetarianism tetap mengonsumsi susu dan telur mentah. Terakhir, raw animal food diet memasukkan daging mentah dan produk turunan hewani lainnya ke dalam diet mereka.

Karena sudah banyak yang mengenal tentang diet ini, pun komunitasnya tersebar di seluruh Indonesia, ada baiknya jika Anda mencari tahu dari kenalan, milis dan komunitas yang sudah lebih dulu menjalani raw food diet. Cari tahu tips atau resep-resep makanan yang mereka berikan, sehingga diet yang Anda lakukan tidak sembarangan dan lebih menyenangkan, juga sehat.

Tentukan tujuan

Seorang raw foodist bakal cuek dan berlalu saat melihat cheese cake disuguhkan di depannya. Namun, apakah Anda mampu, dan sudah siap disebut aneh oleh teman-teman hanya karena menolak sepiring cheese cake?

Segala sesuatu memang bijaknya dilakukan perlahan dan bertahap. Jika memang bertekad melakukan diet ini sebaiknya jangan langsung meninggalkan kebiasaan mengonsumsi makanan matang. Lakukan dengan perlahan untuk membiasakan tubuh. Sebagai alternatif, variasikan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Lakukan tes awal, setidaknya seminggu. 3-4 hari pertama berlatihlah untuk makan salad, menghindari roti dan makanan dari bahan gandum. Naikkan levelnya hingga beberapa bulan, jika berhasil itu artinya Anda siap menjadi raw foodist.

Anda juga bisa memulainya dengan berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk memahami riwayat kesehatan Anda dan konsep diet ini. Hal ini diperlukan agar ahli kesehatan tahu acuan tepat mana makanan mentah yang harus Anda konsumsi, dan mana yang menjadi pantangan untuk tidak dikonsumsi.

Seperti sebuah kata pepatah, "Ada banyak jalan menuju Roma", ada banyak jalan menuju hidup sehat. Raw food diet mungkin hanyalah salah satu di antaranya. Kini pilihan itu ada di tangan Anda.

(maya/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
27 Agustus 2014 | 12:33 wib
Dibaca: 12735
image
18 Agustus 2014 | 11:47 wib
Dibaca: 15321
image
06 Agustus 2014 | 11:32 wib
Dibaca: 16724
image
26 Juli 2014 | 17:36 wib
Dibaca: 17332
image
08 Juli 2014 | 12:15 wib
Dibaca: 21320
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER