panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
23 April 2012 | 10:55 wib
Makanan Pengusir Bad Mood
image

Merasa bad mood  atau tidak bersemangat di tempat kerja? Pasti hampir setiap orang mengalaminya. Padahal mood diperlukan sebagai bagian dari bahan bakar kita, untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang sedang menumpuk di depan mata.

Dan, celakanya ketika dalam kondisi perasaan sedih, bosan, atau tidak semangat, tubuh kita juga ikut bereaksi, badan terasa lemas, mengantuk, dan akhirnya aktivitas kita pun terganggu. Kalau sudah begini, performa kerja pun ikut turun.

Namun ada cara yang sangat menyenangkan untuk mengatasinya, yaitu dengan makan. Waw! Makan? Tenang, makanan - makanan penghilang mood buruk ini sudah terbukti menyehatkan dan tidak akan membuat berat badan kita melonjak dratis.

Seperti dilansir dari laman womansday, ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda mengatasi "bad mood"

1. Stres: Dark Chocolate

Dark Chocolate terbukti dapat membantu mengurangi hormon stress. Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Swiss, ditemukan bahwa memakan sepotong kecil dark chocolate dapat meningkatkan tingkat kortisol, dan kolamin, sehingga dapat mengurangi kecemasan, serta menambah energi.

2. Lesu dan kurang konsentrasi: Bayam

Tingginya kadar homocysteine dan asam amino yang diproduksi tubuh bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah, dan menggangu aliran darah ke otak sehingga membuat Anda lesu, lambat memproses serta mengingat informasi," ujar Dr. Joanna Dolgoff, MD penulis buku 'Red Light, Green Light, Eat Right'.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau atau kacang polong. "Asam folat membantu tubuh memproses tingkat homocysteine menjadi lebih rendah," jelas Dolgoff.

3.  Kesal: Apel

Merasa kesal dan mudah tersinggung, bisa menjadi tanda bahwa anda kekurangan energi. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein adalah cara mengatasi rasa kesal, saran Dr Dolgoff.

Karbohidrat adalah sumber energi yang cepat terbakar di dalam tubuh, sedangkan protein dan lemak dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat kadar gula dan energi stabil untuk waktu lebih lama. Cobalah makan apel yang dibalut dengan selai kacang, karena apel adalah karbohidrat kompleks dan selai kacang merupakan lemak sehat, jelas Dr Dolgoff.

(irra/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
08 Juli 2014 | 12:15 wib
Dibaca: 3506
image
20 Juni 2014 | 22:27 wib
Dibaca: 6685
image
12 Juni 2014 | 12:18 wib
Dibaca: 9584
image
29 Mei 2014 | 15:32 wib
Dibaca: 10652
image
26 Mei 2014 | 12:40 wib
Dibaca: 13037
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER