panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
04 Oktober 2012 | 17:58 wib
Pecatur Bergelar GM Ramaikan IOCC
image

JAKARTA, suaramerdeka.com - PB Percasi kembali  menggelar kejuaraan catur tingkat internasional, yakni Indonesia Open  Chess Championship (IOCC) 2012. Event yang digelar mulai 10-17 Oktober  itu bakal diikuti 100 pecatur, 27 orang di antaranya bergelar Grand  Master (GM).

Menurut Ketua Umum PB Percasi, Hashim Djojohadikusumo, kejuaraan tersebut bisa dimanfaatkan pecatur nasional untuk merengkuh  norma GM. Pasalnya, sejumlah nama seperti Medina Warda Aulia, Chelsie  Monica Sihite dan Dewi AA Citra, sampai saat ini belum mencapai gelar GM.

"Kami ingin memberikan kesempatan bagi pemain-pemain untuk bertanding dengan pecatur internasional berkaliber GM. Kami berharap ajang ini mampu meningkatkan prestasi pemain kami," kata Hashim di Jakarta, Kamis (4/10).

Adik kandung politikus Prabowo Subianto itu menuturkan, sejauh ini pecatur nasional yang memiliki trend bagus  adalah atlet putri. Hal itu ditunjukkan ketika mengikuti Olimpiade Catur di Istanbul, Turki, bulan  lalu. Meski tanpa kekuatan penuh, pecatur putri Indonesia bisa memperbaiki peringkat dari posisi 54 menjadi 24.

Pencapaian itu berlanjut ketika mereka turun di event Pekan Olahraga  Nasional (PON) Riau 2012. Atlet-atlet nasional yang membela daerah tampil mengesankan. Contohnya adalah Medina dan Chelsie. Dari 27 babak  di pertandingan catur PON Riau, mereka mampu menang 25 kali, sekali remis dan sekali kalah. "Usia mereka masih muda-muda, di bawah 16 tahun. Tentu hasil yang mereka raih selama ini sangat membanggakan," tandasnya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan dan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem menambahkan, pecatur seperti Medina memiliki peluang besar mendapat gelar GM. Syaratnya, atlet yang kini ber-elo rating 2311 itu harus mampu menang enam kali dari sembilan babak yang dipertandingkan.

"Minimal dapat enam poin, Medina sudah bisa mendapat norma Grand Master. Tapi, dia harus bekerja keras karena lawan yang akan dihadapi sangat berat," ungkapnya.

Pecatur-pecatur dunia  yang akan  ambil bagian, antara lain, berasal dari Rusia, China, Amerika Serikat, Prancis, Ukrainia, Bulgaria, Spanyol, Belanda, Khazaktan, India, Filipina dan Vietnam.

(Arif M Iqbal/CN26)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
05 September 2014 | 11:00 wib
Dibaca: 5577
image
05 September 2014 | 10:50 wib
Dibaca: 5420
image
05 September 2014 | 07:57 wib
Dibaca: 5966
image
05 September 2014 | 07:43 wib
Dibaca: 5330
image
05 September 2014 | 07:30 wib
Dibaca: 5251
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER