panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
22 Juni 2012 | 07:27 wib
Bilek: Ceska Hanya Bisa Bermain Bertahan
image

WARSAWA, suaramerdeka.com - Usai disingkirkan Portugal di babak perempatfinal, pelatih Rep Ceska Michal Bilek menuturkan, jika timnya hanya punya pilihan untuk bermain defensif demi mengimbangi permainan Portugal. Dalam pertandingan itu, mereka memang hanya kebobolan satu gol lewat tandukan Cristiano Ronaldo.

Ia menyebut bahwa taktik serangan balik yang diterapkannya di babak pertama, gagal total di babak kedua. Penyebabnya, energi para pemain Ceska sudah terkuras. "Pada babak pertama, kami masih bisa mengimbangi karena pertahanan kami kokoh. Tapi pada babak kedua, kami melemah sehingga lebih mudah bagi Portugal untuk mencetak," lanjutnya, seperti dilansir AFP.

Portugal memang tampil sangat agresif di babak kedua sehingga mereka mampu mengurung pertahanan Ceska. Bahkan beberapa pemain mereka seperti Cristiano Ronaldo, Nani, hingga Joao Moutinho dan Raul Meireles berkali-kali mengancam gawang Petr Cech dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Tercatat Portugal melakukan 20 percobaan untuk mencetak gol, di mana lima di antaranya tepat sasaran. Catatan tersebut timpang dengan percobaan mencetak gol Ceska yang hanya melepaskan dua tembakan, dan tak ada satu pun yang mengarah tepat ke gawang Portugal.

Tanpa sungkan, Bilek mengakui, di pikirannya dirinya memang hanya berpikir untuk bermain bertahan lantaran itu adalah satu-satunya cara untuk meredam permainan Portugal. "Kami tahu tak selevel dengan Portugal jika memainkan permainan terbuka. Jika bermain terbuka, sudah pasti akan mudah bagi Portugal menghukum kami," ucapnya usai pertandingan.

Dia pun tak sungkan memuji Portugal yang diakuinya memang timnya yang lebih baik dalam pertandingan itu. Tak ketinggalan, sang pencetak gol kemenangan Portugal, Cristiano Ronaldo juga turut disanjungnya.

"Portugal adalah tim yang lebih baik dan lebih kuat dalam pertandingan ini. Serangan mereka begitu kuat. Petr Cech sampai harus membuat beberapa penyelamatan gemilang untuk menjaga kami. onaldo terus tampil lebih baik. Dia tahu cara bermain dengan kaki dan kepalanya," ujar pria berusia 47 tahun ini.

Kendati tersisih dari percaturan Euro 2012, Bilek mengaku tak kecewa berat. "Melangkah ke perempat final bisa dibilang sebagai sebuah kesuksesan setelah kami kalah telak pada laga pertama melawan Rusia. Kami bisa pulang dengan kepala tegak," tandasnya.

(Andika Primasiwi, ds/CN26)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
05 September 2014 | 11:00 wib
Dibaca: 3020
image
05 September 2014 | 10:50 wib
Dibaca: 2871
image
05 September 2014 | 07:57 wib
Dibaca: 3337
image
05 September 2014 | 07:43 wib
Dibaca: 2848
image
05 September 2014 | 07:30 wib
Dibaca: 2767
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER