panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 Juli 2013 | 12:37 wib
Rutin Sarapan Cegah Penyakit Jantung
image

dailyfinance

KEBIASAAN melewatkan sarapan di pagi hari menyebabkan seseorang lebih rentan terkena serangan jantung, penelitian menyebutkan.

Temuan terbaru yang dimuat dalam jurnal Circulation, seperti dilansir dailymail, menyebutkan: dibanding yang rutin makan pagi, pria yang kerap melewatkan sarapan bagi beresiko seperempat lebih besar terkena serangan jantung atau penyakit koroner.

Peneliti menemukan, tidak sarapan dan makan larut malam dapat memicu perubahan metabolisme tubuh. Akibatnya terjadi ketidakstabilan kadar gula darah dan hormon, yang bisa berakibat pada penyakit jantung koroner.

Dalam studinya, peneliti AS melacak riwayat kesehatan 26.902 pria berusia 45 hingga 82. Peneliti meminta relawan mengisi serangkaian kuesioner terkait pola makan selama 16 tahun terakhir.

Secara keseluruhan, selama periode tersebut, sebanyak 1.572 laki-laki tercatat pernah mengalami gangguan pada jantung. Disimpulkan, pria yang melewatkan sarapan berisiko 27 persen lebih tinggi terkena serangan jantung.

Bahkan setelah memperhitungkan perbedaan dalam gaya hidup, peneliti mengklaim, kesimpulannya masih sama.

Dari studi tersebut, terkuak bahwa pria usia produktif paling banyak melewatkan makan pagi. Selain itu, dari kalangan pria perokok, pekerja penuh waktu, belum menikah, kurang aktif secara fisik dan pengkonsumsi minuman keras.

Pemimpin peneliti Leah Cahill, dari Harvard School of Public Health di Boston, mengatakan: "Melewatkan sarapan dapat menyebabkan satu atau lebih faktor risiko, termasuk obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes, yang pada gilirannya dapat menyebabkan serangan jantung."

Victoria Taylor, dari British Heart Foundation, mengatakan: "Kesibukan pagi hari sering menjadi alasan untuk melewatkan sarapan, tapi studi ini menunjukkan bahwa tidak sarapan bisa berdampak pada kesehatan kita, lebih besar daripada yang kita bayangkan."

(Linda Putri/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 16:31 wib
Dibaca: 70683
image
26 Agustus 2014 | 15:27 wib
Dibaca: 74000
image
24 Agustus 2014 | 16:11 wib
Dibaca: 32127
image
21 Agustus 2014 | 10:34 wib
Dibaca: 26064
image
19 Agustus 2014 | 17:44 wib
Dibaca: 31240
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER