panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
18 Maret 2012 | 21:31 wib
Tiga Buah Super Pencegah Diabetes
image

MAKAN lebih banyak buah apel, pir dan blueberry kini dihubungkan dengan rendahnya risiko diabetes.

Sebuah studi di Amerika Serikat, seperti dikutip dari American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, tiga macam buah tersebut banyak mengandung flavonoid, senyawa alami yang ada di buah-buahan sayuran dan biji-bijian tertentu, yang menurut beberapa penelitian dipercaya bermanfaat terhadap kesehatan seperti rendahnya risiko penyakit jantung atau kanker.

"Orang yang banyak mengkonsumsi tiga macam buah ini cenderung memiliki risiko diabetes tipe 2 lebih rendah," kata An Pan, seorang peneliti dari Harvard School of Public Health.

American Diabetes Association menyebutkan, sekitar 26 juta orang Amerika terkena penyakit karena ketidak mampuan tubuh dalam memproduksi atau menggunakan insulin, hormon yang mengubah glukosa dalam darah menjadi energi, ini. Namun diabetes tipe 2 masih  dapat dikontrol dengan olahraga dan perubahan pola makan dan tanpa insulin.

Dalam penelitian ini, tim melacak pola diet sekitar 200.000 pria dan wanita berusia 24 tahun. Para peserta kemudian mengisi kuesioner tentang seberapa sering mereka mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Tim kemudian menemukan bahwa pecinta blueberry memiliki risiko 23 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak makan blueberry. Orang yang makan lima atau lebih butir apel seminggu juga memiliki risiko 23 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan apel.

"Kami menemukan hasil yang konsisten di tiga (kelompok responden), di mana apel dan blueberry terbukti bermanfaat untuk mencegah terkena diabetes tipe 2," kata Pan pada Reuters Health. Hal itu setelah memperhitungkan faktor risiko lain, seperti berat badan, merokok dan riwayat keluarga diabetes.

Dr Loren Greene, seorang profesor kedokteran dari New York University yang tidak terlibat dalam studi ini, mengatakan, gula buah dalam jenis buat tersebut meningkatkan kadar glukosa darah dengan cepat. Kemudian zat lain dalam buah seperti serat dan pektin juga bermanfaat bagi penderita diabetes. "Sangat baik untuk menkonsumsi buah-buahan secara utuh, dibanding berupa jus buah," katanya.

(Linda, RT/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 16:31 wib
Dibaca: 13068
image
26 Agustus 2014 | 15:27 wib
Dibaca: 15020
image
24 Agustus 2014 | 16:11 wib
Dibaca: 11109
image
21 Agustus 2014 | 10:34 wib
Dibaca: 9970
image
19 Agustus 2014 | 17:44 wib
Dibaca: 10277
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER