panel header
CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
EKSPRESIKAN SAYANGMU... Ngucapin Valentine dapat hadiah? Yok Ikutan...!! Caranya mudah: (1) Bikin video ucapan kasih sayang durasi 1 menit. (2) Kirimkan ke wall facebook Suara Remaja atau share link Youtube ucapan kamu ke email suararemaja@ymail.com. Dapatkan modem, handphone, goodiebag, dan masih banyak lagi hadiah menarik. Ayo...buruan sekarang juga...!!
panel iklan Hosrizon
panel main 1
11 Februari 2010 | 20:03 wib
Soft Drink Pemicu Kanker Pankreas
image

Tahukah Anda akan bahaya soft drink? Orang yang mengkonsumsi soft drink dua kali atau lebih dalam seminggu ternyata beresiko tinggi terkena kanker pankreas. Kenyataan ini merupakaan hasil penelitian yang dilakukan pada 60.000 orang di Singapura oleh University of Minnesota, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Gula jadi biang keladi. Namun, orang yang minum soda berpemanis secara teratur sering memiliki kebiasaan lain yang berakibat buruk pada kesehatan," kata Ketua Penelitian Mark Pereira dari University of Minnesota.
 
Menurut peneliti tersebut, tingginya kadar gula dalam soft drink dapat meningkatkan insulin dalam tubuh yang memacu pertumbuhan sel kanker pankreas. Insulin merupakan pemacu produksi gula yang dibuat dalam pankreas.

Pada jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, Pereira dan rekannya mengatakan bahwa dia memonitor 60.524 orang pria dan wanita di Singapura Chinese Health Study selama 14 tahun. Selama itu, kanker pankreas berkembang dalam diri 140 relawan. Mereka yang minum soft drink dua kali atau lebih dalam seminggu beresiko terkena kanker pankreas 87 persen lebih tinggi.

Kanker pankreas adalah salah satu jenis kanker yang mematikan dengan 230.000 kasus di dunia. Sebanyak 37.680 warga AS didiagnosa terkena jenis kanker ini, 34.290 jiwa diantaranya meninggal. Bahkan, menurut The American Cancer Society, kemungkinan hidup selama lima tahun si penderita kanker pankreas hanya sekitar 5 persen.

Susan Mayne dari Yale Cancer Centre, Yale University di Connecticut pun menyatakan hal senada.

"Meski penelitian ini menemukan resiko, penemuan berdasarkan pada sejumlah kecil kasus dan menyisakan pertanyaan apakah itu merupakan gabungan sebab akibat atau tidak," kata Mayne, yang bekerja di jurnal yang dipublikasikan oleh American Association for Cancer Research.

Mayne menambahkan, konsumsi soft drink di Singapura juga dikaitkan dengan efek buruk kesehatan dari aktivitas merokok dan konsumsi daging merah yang tak terkendali. Sementara, penelitian lain mengaitkan kanker pankreas dengan konsumsi daging yang dibakar atau gosong. Tak hanya itu, sejumlah peneliti percaya tingginya asupan gula memicu kanker. Sebab sel tumor menggunakan lebih banyak glukosa dari pada sel-sel lain.

(ant/CN16)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
08 Februari 2012 | 15:14 wib
Dibaca: 518
image
07 Februari 2012 | 10:09 wib
Dibaca: 1167
image
06 Februari 2012 | 15:37 wib
Dibaca: 672
image
02 Februari 2012 | 11:53 wib
Dibaca: 764
image
01 Februari 2012 | 15:49 wib
Dibaca: 1026
Panel menu tepopuler dan terkomentar
07 Februari 2012 | 10:09 wib
01 Februari 2012 | 15:49 wib
02 Februari 2012 | 11:53 wib
06 Februari 2012 | 15:37 wib
08 Februari 2012 | 15:14 wib
FOOTER