panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 Mei 2013 | 05:25 wib
Pengamat: Ganjar Berpeluang Besar Menang

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) yang juga Direktur Eksekutif Cirus Surveyors, Andrinof A Chaniago menyatakan calon nonincumbent berpeluang besar memenangkan Pilgub Jateng 2013. Rakyat Jateng, menurutnya, mengimpikan sosok pemimpin yang bisa membawa angin perubahan.

Terkhusus, Andrinof memandang peluang paling besar berada pada cagub yang diusung PDI Perjuangan Ganjar Pranowo - Heru Sudjatmoko. "Prediksi saya terhadap calon muda ini, berpeluang besar. Sewaktu tiga kali debat kandidat terlihat pasangan dari PDIP ini sangat bagus. Dari sisi integritas juga sudah teruji," katanya, Kamis (23/5).

Antusiasme warga Jateng yang sangat besar pada kampanye Ganjar - Heru, dilihatnya sebagai indikator semangat perubahan. "Semangat perubahan itu yang membuat mereka antusias menyambut pemimpin baru," katanya

Dia melanjutkan, sikap Wakil Gubernur Rustriningsih dan pendukungnya yang kemungkinan golput bukanlah ancaman. "Jangan khawatir, sikap Rustri belum tentu bisa menggembosi calon gubernur dari PDI Perjuangan," ujarnya.

Menurut Andrinof, ajakan golput itu bisa berpengaruh, bisa juga tidak. Sebab masyarakat memiliki kebebasan dalam memilih. Sebanyak 80% orang, katanya, memilih berdasarkan pertimbangan dirinya. Bukan karena hasutan, dorongan atau provokasi pihak lain. Pertimbangan utama dalam memilih adalah, apa manfaat buat mereka memilih seorang pemimpin.

Sikap golput justru tidak menguntungkan Rustriningsih sebagai seorang pemimpin pemerintahan di tingkat provinsi. "Gerakan golput yang dilakukan oleh seorang pemimpin yang lama menduduki jabatan di pemeritahan, itu justru menurunkan nilai ketokohan dan kepemimpinannya. Itu malah mengurangi nilai kredibilitas yang sudah dicapainya," tutur Andrinof.

Secara umum, Andrinof menilai, proses Pilgub Jateng sampai kampanye hari terakhir sudah berjalan dengan baik dan lancar. Karena itu, ia minta kondisi Pilgub yang kondusif itu dipertahankan mulai hari tenang hingga hari pencoblosan nanti. "Sejauh pengamatan saya, proses demokrasinya berjalan dengan baik. Dari segi etika politik juga masih bagus. Kalau ada sedikit teror politik terhadap salah satu calon, itu biasa," tandasnya.

( Anton Sudibyo / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Pilkada Terbaru
16 April 2014 | 17:52 wib
Dibaca: 750
18 Agustus 2013 | 11:15 wib
Memeriahkan HUT Ke-68 Kemerdekaan RI
Dua Ribu Layang-layang Hiasi Banjirkanal Barat
Dibaca: 1258
20 Juni 2013 | 20:23 wib
Dibaca: 988
19 Juni 2013 | 20:20 wib
Dibaca: 728
17 Juni 2013 | 20:05 wib
Dibaca: 904
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER