panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
22 Mei 2013 | 22:09 wib
Ganjar Unggul Data, Calon Lain Gelagapan

SEMARANG, suaramerdeka.com - Calon gubernur Ganjar Pranowo menguasai data persoalan di Jawa Tengah. Sementara incumbent Bibit Waluyo menguasai soal-soal pertanian. Hal itu terbaca dari debat kandidat yang disiarkan Metro TV, Rabu (22/5) malam ini.

Menurut Pengamat Politik Hasyim Asyari, calon gubernur nomor urut tiga Ganjar Pranowo jelas sekali unggul dalam data. Baik ketika memaparkan kondisi perekonomian Jawa Tengah maupun pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Ironisnya, Bibit Waluyo yang merupakan Gubernur Jateng dan Hadi Prabowo yang notabene mantan Sekda Provinsi justru tidak menguasai data.

"Ketika ditunjukkan data, nampak nomor satu dan dua gelagapan. Padahal data ini penting. Sebagai pemimpin, respon atas masalah harus berdasar data sehingga langkah yang diambil bisa terukur," kata akademisi Universitas Diponegoro itu.

Mantan anggota KPU Jateng itu juga menyoroti sesi permainan kata dalam debat yang dimulai pukul 19.00 Wib itu. Menurutnya, jawaban-jawaban spontan para calon menunjukkan orisinalitas pemikiran.

Masyarakat pun bisa menilai bagaimana sikap dan keberpihakan calon pada suatu persoalan. Misalnya, ketika Ganjar disodori kata "UN (Ujian Nasional), ia menjawab "bubarkan". Atau ketika Hadi Prabowo merespon kata "basa-basi" dengan jawaban "menyenangkan."

"Jawaban spontan itu menunjukkan apa yang ada dibenak dia sehari-hari. Itulah orisinalitas mereka. Maka ketahuan, mana pemimpin yang cerdas dan mengikuti perkembangan isu," jelas Hasyim.

( Anton Sudibyo / CN38 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Pilkada Terbaru
16 April 2014 | 17:52 wib
Dibaca: 749
18 Agustus 2013 | 11:15 wib
Memeriahkan HUT Ke-68 Kemerdekaan RI
Dua Ribu Layang-layang Hiasi Banjirkanal Barat
Dibaca: 1255
20 Juni 2013 | 20:23 wib
Dibaca: 986
19 Juni 2013 | 20:20 wib
Dibaca: 719
17 Juni 2013 | 20:05 wib
Dibaca: 901
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER