panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
14 Mei 2013 | 23:28 wib
Debat Cagub, Ganjar-Heru Menang Uji Pengetahuan Jateng

SEMARANG, suaramerdeka.com - Calon Gubernur Ganjar Pranowo - Heru Sudjatmoko memenangi cerdas cermat dalam debat kandidat di Gedung Prof Soedharto Universitas Diponegoro, Selasa (14/5). Ganjar-Heru unggul dengan poin 600, sedangkan pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono 500, dan Bibit Waluyo-Sudijono 400.

Cerdas cermat dalam debat yang disiarkan Kompas TV itu, memuat pertanyaan-pertanyaan tentang seluk beluk Jawa Tengah.

Ganjar-Heru mampu menjawab pertanyaan tentang asal telur asin (Brebes), siapa gubernur Jateng sebelum Bibit (Mardiyanto), pencipta lagu Bangun Desa (Ki Narto Sabdo), Kecamatan di Cilacap yang bernama sama dengan restoran di Kota Semarang (Kampung Laut), asal nasi gandul (Pati), wayang dari Gombong (Wayang Dalang Jemblung), dan patung di Solo (Gatotkaca).

Debat yang dimulai pukul 19.30 itu nampak lebih meriah dibanding pada sesi pertama di Hotel Patra (10/5) lalu. Ruangan yang lebih luas membuat jumlah pendukung yang bisa dihadirkan bisa lebih banyak. Chant atau nyanyian suporter lebih variatif dan membahana di setiap jeda acara.

Dua panelis pada acara semalam mengawali debat. Budayawan Jaya Suprana mencuri perhatian dengan komentarnya yang menggelitik. Joke-joke Jaya itu membuat seisi gedung tertawa terbahak-bahak. Tak terkecuali tiga pasangan calon.

Sedangkan panelis kedua, Pengamat Ekonomi FX Sugiyanto menyoroti ketimpangan pembangunan di Jateng. Ia sempat menanyakan tentang penyatuan konsep antara gubernur dan bupati walikota.

Bibit yang ditanya, menjawab bahwa bupati walikota harus memahami visi misi gubernur, begitu juga sebaliknya. Rupanya jawaban itu belum memuaskan Suginato.

"Ya Pak Bibit, tapi anda punya pengalaman empat tahun menjadi gubernur tapi komunikasi dengan bupati walikota tidak bagus," sentilnya.

Debat cukup ramai sempat terjadi adu pendapat antara Ganjar dan HP-Don tentang reformasi birokrasi. HP mengatakan, hal itu akan dilaksnakan dengan rencana aksi daerah. Tapi menurut ganjar itu jawaban itu terlalu umum, tanpa solusi konkret.

Debat kusir itu berlangsung seru ditingkahi sorakan para pendukung dan baru usai ketika bel berbunyi menandai waktu berakhir.

( Anton Sudibyo / CN37 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Pilkada Terbaru
16 April 2014 | 17:52 wib
Dibaca: 722
18 Agustus 2013 | 11:15 wib
Memeriahkan HUT Ke-68 Kemerdekaan RI
Dua Ribu Layang-layang Hiasi Banjirkanal Barat
Dibaca: 1193
20 Juni 2013 | 20:23 wib
Dibaca: 963
19 Juni 2013 | 20:20 wib
Dibaca: 686
17 Juni 2013 | 20:05 wib
Dibaca: 853
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER