panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 Mei 2013 | 03:28 wib
Simulasi, Apel Pengamanan Pilgub Berakhir Bentrok

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Apel kesiapan pengamanan Pilgub Jateng 2013 yang diikuti oleh perwakilan Linmas Kecamatan se-Kebumen di Alun-alun Kebumen, berakhir "bentrok". Keributan itu melibatkan personil Polri dengan warga yang tidak puas dengan hasil Pilgub dan mereka menuntut pemilihan ulang.

Namun jangan salah sangka, bentrok antara polisi dengan demonstran itu hanyalah simulasi pengamanan Pilgub yang diperagakan oleh anggota Polri, TNI dan Linmas. Simulasi diperagakan mulai situasi menjelang pemungutan suara di TPS Panjer, situasi di KPU menjelang rekapitulasi suara, hingga bagaimana mengatasi unjukrasa massa yang beringas menuntut Pilgub diulang.

Wakil Bupati Kebumen Djuwarni AMd Pd selaku pemimpin apel mengatakan, apel kesiapan Linmas bertujuan untuk mengecek kesiapsiagaan dalam pengaman Pilgub Jateng. "Selain anggota Polri dan TNI yang menjadi tumpuan keamanan dalam pengaman Pilgub, Linmas juga berperan penting dalam pengaman Tps pada Pilgub Jateng," ujar Djuwarnim.

Disebutkannya, sebanyak 9.124 personil Linmas di Kebumen siap mengamankan pelaksanaan Pilgub Jateng, 26 Mei mendatang. Mereka akan ditugaskan di 2.464 TPS yang tersebar di 460 desa/kelurahan di 26 kecamatan.

Kapolres Kebumen AKBP Heru Trisasono SIK MSi mengatakan, guna mengamankan Pilgub Jateng, pihaknya mengerahkan 650 personil untuk di tempatkan di 2.464 TPS di seluruh Kebumen. Pengamanan Pilgub masuk dalam Operasi Mantap Praja Candi 2013.

Menurut Kapolres, banyak kerawanan yang mungkin timbul saat kampanye, hari tenang maupun pemungutan suara seperti pengerahan massa, bentrok antar pendukung pasangan calon, ancaman teror serta sabotase. "Hal itu kami antisipasi dengan sosialisasi dan koordinasi pengamanan baik terbuka maupun tertutup," ujarnya.

Dia menyebutkan, dari 2.464 TPS sebanyak 35 TPS masuk dalam kategori rawan I dan sisanya dalam kategori aman. Polres Kebumen menggunakan pola 2:18:9 di terapkan di TPS untuk katagori aman, pola 2:8:4 untuk TPS rawan I dan pola 2:4:2 ditetapkan untuk TPS rawan II.  Yang dimaksud pola 2:8:4  ialah setiap dua polisi dengan dibantu delapan anggota Limnas akan menjaga empat TPS. "Kebumen tidak ada TPS yang masuk rawan II," katanya.
   
Lebih lanjut, Kapolres menegaskan, anggotanya tidak hanya mengamanan tahapan Pilgub dari awal hingga akhir. Tetapi juga siap membantu melancarkan proses pendistribusian logistik Pilgub hingga ke daerah terpelosok. "Kami akan mengerahkan pasukan bersepeda motor trail untuk menjangkau daerah terpencil," ujarnya.

( Supriyanto / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Pilkada Terbaru
16 April 2014 | 17:52 wib
Dibaca: 722
18 Agustus 2013 | 11:15 wib
Memeriahkan HUT Ke-68 Kemerdekaan RI
Dua Ribu Layang-layang Hiasi Banjirkanal Barat
Dibaca: 1188
20 Juni 2013 | 20:23 wib
Dibaca: 961
19 Juni 2013 | 20:20 wib
Dibaca: 685
17 Juni 2013 | 20:05 wib
Dibaca: 853
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER