panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
28 April 2013 | 19:23 wib
Hindari Bentrok Pendukung, Kampanye Pilgub Dibagi Tiga Zona


SEMARANG, suaramerdeka.com -
Kampanye Pemilihan Gubernur Jawa Tengah akan berlangsung 8 Mei hingga 22 Mei 2013. Untuk menjaga situasi kondusif antarpendukung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng membagi zona kampanye menjadi tiga.

Zona satu mencakup daerah-daerah di eks Karesidenan Semarang dan Pati. Zona dua meliputi eks Karesidenan Kedu dan Surakarta. Sedang Zona tiga untuk daerah di eks Karesidenan Banyumas dan Pekalongan.

Anggota KPU Jateng Nuswantoro Dwiwarno menjelaskan, zona-zona tersebut hanya mengatur jadwal kampanye rapat umum terbuka. Kampanye rapat umum adalah pengumpulan massa dengan anggota tak terbatas dan dilaksanakan di tempat terbuka. Kampanye model ini menghadirkan massa sekitar lebih dari 1.000.

"Sedangkan rapat terbatas di tempat tertutup, dengan pendukung jelas, menggunakan undangan dan jumlahnya kurang dari lima ratus, tidak diatur zona. Boleh kampanye kapanpun," katanya, di ruang kerjanya, Minggu (28/4).

Ketentuan lain untuk kampanye rapat umum berkenaan barengnya Pilgub Jateng dengan Pemilihan Bupati Kudus dan Temanggung. Dengan kondisi tersebut, jika pasangan calon Hadi Prabowo-Don Murdono (HP-Don) akan menggelar rapat umum di Kudus, mereka hanya bisa di sana pada tanggal 10 Mei. Pasangan Bibit Waluyo-Sudijono (Bissa) hanya bisa di Kudus pada tanggal 15 Mei, dan pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko (Gagah) pada 20 Mei.

Sedangkan untuk kampanye rapat umum di Temanggung, pasangan HP-Don hanya boleh menggunakannya pada tanggal 14 Mei. Kemudian, pasangan Bissa pada tanggal 10 Mei, dan pasangan Gagah pada 3 Mei.

Kudus merupakan daerah yang masuk di zona satu, sedangkan Temanggung zona dua. "Selain di tanggal-tanggal itu, calon boleh menggelar rapat umum di luar Kudus dan Temanggung," jelas dia.

Nuswantoro menambahkan, tim sukses masing-masing calon diharapkan berkoordinasi dengan KPU dan kepolisian sebelum pelaksanaan kampanye rapat umum. "Minimal tiga hari sebelum hari H kampanye. Ini untuk pengamanan saja," tegasnya.

( Anton Sudibyo / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Pilkada Terbaru
16 April 2014 | 17:52 wib
Dibaca: 697
18 Agustus 2013 | 11:15 wib
Memeriahkan HUT Ke-68 Kemerdekaan RI
Dua Ribu Layang-layang Hiasi Banjirkanal Barat
Dibaca: 1145
20 Juni 2013 | 20:23 wib
Dibaca: 930
19 Juni 2013 | 20:20 wib
Dibaca: 653
17 Juni 2013 | 20:05 wib
Dibaca: 825
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER