panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
13 April 2013 | 04:57 wib
KAMMI Ragukan Independensi KPU Jateng

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Jateng menyebutkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menganakemaskan PDIP dengan meloloskan verifikasi administrasi pencalonan Ganjar Pranowo- Heru Sudjatmoko (Garuda) dalam Pilgub Jateng 2013. Kelolosan ini dinilai akan bisa menghilangkan kewibawaan dan kepercayaan publik terhadap KPU.

KAMMI pun meragukan independensi KPU dengan meloloskan pasangan cagub tersebut, meski pencalonannya hanya ditandatangani Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD PDIP Jateng M Prakosa.

"Jika dibandingkan kasus Partai Demokrat hampir sama, daftar calon anggota legislatif (caleg-red) harus ditandatangani ketua umum dan bukan seorang Plt. Karenanya, Demokrat harus melakukan Musyawarah Luar Biasa (MLB-red) di Bali," kata Ketua KAMMI Jateng Arief Eka Atmaja.

Meski kebijakan Demokrat itu berada di KPU Pusat, di level provinsi seharusnya juga memberlakukan hal yang sama. "Jika penyelenggara pemilu tidak tegas, hal ini dapat menghilangkan kewibawaan dan kepercayaan publik terhadap KPU. Jangan sampai rakyat marah karena KPU tidak berjalan profesional," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, PDIP Jateng kini belum memilih pimpinan definitif setelah Murdoko, Ketua PDIP Jateng dinonaktifkan karena menjadi tersangka dugaan korupsi.  Sesuai Undang-Undang Nomor 32/ 2004 tentang Pemerintah Daerah, pada pasal 59 disebutkan bahwa syarat pencalonan adalah dengan menyerahkan surat pencalonan oleh partai politik ditandatangani pimpinan partai yang sah.

"Kami menuntut terjaganya independensi KPU, penyelenggara pemilu jangan melakukan skandal dengan partai politik untuk menguntungkan salah satu calon. Kami juga menuntut agar pasangan Ganjar-Heru dibatalkan dari pencalonannya sebagai gubernur dan wakil gubernur karena tidak sesuai persyaratan," jelasnya.

Ketua KPU Jateng M Fajar SAKA menegaskan, tiga pasangan cagub Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo, Hadi Prabowo- Don Murdono, termasuk Ganjar-Heru sudah memenuhi syarat sebagai cagub-cawagub setelah melalui proses verifikasi dan penelitian.

Penetapan berdasarkan keputusan KPU Jateng Nomor 13/Kpts/KPU-Prov-012/11/IV/2013. Di sisi lain, Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Nuniek Sriyuningsih tidak memberikan banyak komentar terkait persoalan tersebut. Hal ini semestinya dikonfirmasikan ke KPU, jangan kepada dirinya. "Kalau KPU sudah menetapkan berarti kan sudah sah," tandasnya.

( Royce Wijaya / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Pilkada Terbaru
16 April 2014 | 17:52 wib
Dibaca: 749
18 Agustus 2013 | 11:15 wib
Memeriahkan HUT Ke-68 Kemerdekaan RI
Dua Ribu Layang-layang Hiasi Banjirkanal Barat
Dibaca: 1257
20 Juni 2013 | 20:23 wib
Dibaca: 987
19 Juni 2013 | 20:20 wib
Dibaca: 720
17 Juni 2013 | 20:05 wib
Dibaca: 902
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER